Cara Main Game Android di PC atau Laptop

Main game Android balap mobil di PC layar penuh.

Memang game untuk game ponsel cerdas tidak selevel dengan game PC atau konsol dari segi pengontrolan dan beberapa aspek lainnya. Akan tetapi, kamu juga bisa main game Android di PC untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih leluasa. Artikel kali ini akan memandu kamu cara main game Android di Laptop atau komputer desktop.

Main Game Android di Komputer

Semakin kesini, berbagai hal di dunia Android semakin membaik. Terutama karena perangkat yang didukung oleh teknologi hardware mobile yang semakin cepat dan kuat. Walaupun demikian, seapik apapun game Android yang kamu mainkan di hp kamu, terkadang masih belum puas karena layar ponsel cukup kecil dibandingkan layar monitor PC atau laptop gaming terbaik. Bermain game Android dengan menggunakan keyboard gaming dan mouse atau stik pengontrol jauh lebih leluasa dan lebih menyenangkan.

Jika kamu ingin menikmati permainan dari Google Play di PC atau laptop, kamu perlu tahu cara main game Android di PC. Yang pasti, perlu menginstal salah satu emulator Android terbaik. Pada artikel ini Wongunik memilih Bluestacks sebagai perangkat lunak yang menjembatani antara OS Android dengan PC agar semua fitur Android bisa dinikmati melalui komputer desktop.

Sekali lagi, cara terbaik untuk menjalankan game Android di PC adalah dengan menggunakan emulator. Kalau konteksnya gaming, pilihannya agak terbatas, yang mana salah satu emulator Android yang paling cocok untuk main game Android terbaik adalah BlueStacks 3. Nah, jika kamu berniat, langsung saja ikuti panduan cara memainkan game Android di  komputer menggunakan Bluestacks.

Persiapkan Wadah Penayokong Sistem Android di PC atau Laptop Kamu

Untuk menjalankan aplikasi Android berat, khususnya games, butuh spesifikasi perangkat yang mendukung. Sistem komputer yang Wongunik gunakan dijalankan oleh prosesor Intel Core i5 Generasi keenam, grafis Intel HD, VGA 2 GB dan RAM 8 GB. Sedangkan monitornya berlayar Full HD 21 inci, dengan VT-x yang diaktifkan. OS nya pakai Windows 10.

Nah, mungkin spesifikasi dan kinerja komputer kita masing-masing berbeda. Jadi, cepat atau lambatnya kinerja sebuah emulator Android (apapun mereknya) pada komputer juga dipengaruhi oleh sistem dan kemampuan perangkat keras yang digunakan. Selain itu, perlu juga tahu cara mempercepat Widnows 10 kamu dengan konfigurasi sistem dan trik-trik lainnya. Jika sudah sesuai dengan persyaratan minimum Bluestacks, langsung saja download Bluestacks dan instal di komputer kamu.

Download Bluestack ke komputer atau laptop.

Proses instalasi BlueStacks sangat sederhana dan cepat. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh program tersebut dari tautan yang direferensikan tadi yang mengarah ke situs resmi BlueStacks. Pada saat artikel ini ditulis, file Bluestacks bekisar 403 MB.

Setelah proses pemasangan awal selesai, membuka program emulator ini membutuhkan hanya butuh beberapa detik saja. Ketika sudah terbuka, kamu akan dimintai untuk masuk menggunakan akun Google. Jadi, jika kamu ingin mengakses emulator Android ini, kamu perlu akun Google, tidak harus akun yang kamu pakai untuk ponsel atau tablet Android kamu. Atau kamu adalah pengguna iPhone setia yang selama ini menggunakan iOS. Dan mungkin belum pernah juga nyentuh Android atau belum punya akun Google. He..he..he..! Kamu perlu punya akun dulu. Ini cara buat akun Google terbaru. Atau mungkin kamu juga ingin beralih dari iPhone ke Android.

Masuk ke Bluestack menggunakan akun Google.

Selama proses instalasi emulator ini, kamu mungkin akan melihat pesan error seperti “Akselerasi perangkat keras tidak tersedia pada sistem Anda” atau “Host ini mendukung Intel VT-x, tetapi dinonaktifkan.” Dengan mengaktifkan fitur akselerasi perangkat keras, dapat membantu aplikasi virtualisasi, dalam hal ini Bluestacks, atar berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Pada saat ini, software Bluestacks beoperasi dengan menjalankan seluruh OS pada sistem komputer kamu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara mengaktifkan virtualisasi pada PC kamu.

Menginstal Game Android di PC

Nah, setelah emulator berhasil terinstal di komputer kamu, kini saatnya untuk download aplikasi permainan. Kamu bisa melihat BlueStacks App Center untuk download aplikasi permainan yang ditawarkan Bluestacks. Biasanya di halaman ini terdapat koleksi game Android apik yang dibagi dalam beberapa kategori. Misalnya game strategi Android, permainan kasual, game aksi, game board (permainan kartu), dan game RPG Android. Jika kapasitas hardware dan grafik komputer kamu memadai, kamu boleh download aplikasi permainan Android dengan grafis kelas atas teratas yang paling ngetop dan juga terlaris digunakan pemakai hp atau tablet Android. Atau, jika kamu punya game favorit, kamu bisa mencarinya melalu kotak pencarian pada software ini. Lalu download aplikasi permainan tersebut seperti biasa kamu lakukan untuk menginstal game di perangkat Android.

Instal game Android di PC via Google Play.

Jika kamu lebih ingin main game Android di PC yang apps nya dari Google Play Store, kamu juga bisa menginstalnya juga di komputer kamu. Untuk itu, buka tab My Apps, lalu buka folder System Apps. Kemudian buka Play Store agar kamu bisa mencari, mengunduh dan menginstal game yang ingin kamu mainkan di PC atau laptop kamu. Sebenarnya bukan hanya aplikasi game Android saja, tapi aplikasi jenis lain dari Play Store-nya Google juga bisa. Sama halnya seperi kamu mencari dan menginstal aplikasi apapun pada perangkat Android kamu.

Fitur dan Kinerja

Untuk menguji kinerja gaming, kamu bisa memainkan game Android yang memiliki persyaratan minimum dan grafis level atas terlebih dahulu. Tapi pastikan juga semua hardware kamu mendukung game yang akan kamu tes. Sebagai contoh, kamu bisa coba mainin Modern Combat 5, Asphalt 8, atau game Android lain yang kurang lebih memiliki persyaratan minimum sekitar game tersebut. Dengan spesifikasi perangkat keras PC yang Wongunik gunakan, BlueStacks bisa menjalankan game-game tersebut dengan ringan dan lancar. Tapi terkadang ada frame yang menurun. Disamping itu, juga sangat menyenangkan mengontrol game Android menggunakan keyboard (kadang juga dengan mouse).

Sebenarnya tidak ada dampak negatif pada kinerja PC atau laptop. Tapi khusus laptop, kinerja-nya menurun setelah BlueStacks aktif berjalan sekitar satu jam. Mungkin karena laptop memiliki kipas yang lebih kecil dan lambat dibandingkan dengan PC desktop. Dan juga kuat makan poewer baterai. Demikian juga yang terjadi pada hp atau tablet Android pada saat main game game grafis apik dalam waktu yang cukup lama. Lain halnya dengan PC desktop (komputer rakitan) karena biasanya selalu diupgrade agar lebih compatibel untuk gaming yang membutuhkan kapasitas dan resolusi tinggi.

Fitur-fitur Bluestack membuat bermain game Android di PC menjadi mungkin.

Emulator BlueStacks dilengkapi dengan berbagai fitur dan opsi kustomisasi agar pengguna bisa meningkatkan pengalaman main game Android di PC atau laptop. Pada bagian Settings, kamu boleh mengatur resolusi mulai dari 720p hingga ke Quad HD dan jgua mengatur DPI ke setingan lebih tinggi atau lebih rendah. Sementara itu, bedanya software emulator ini dengan Android asli adalah, adanya fitur pengaturan pemetaan tombol. Jadi, sangat memungkinkan kamu menggunakan keyboard dan mouse pada saat main game Android di PC kamu. Semua kontrol gaming bisa kamu atur dan susun di keyboard sesuai dengan keninginan kamu.

Main game Android balap mobil di PC layar penuh.

Kamu juga bisa menjalankan beberapa versi akun BlueStacks untuk menggunakan akun Google lebih dari satu untuk menggunakan berbagai aplikasi secara bersamaan. Bahkan, kamu juga bisa beralih ke mode layar penuh pada saat main game Android di PC kamu. Yang satu ini merupakan fitur emulator yang sangat jarang ditemui pada merek emulator lain. Ada juga pengaturan lanjutan untuk memilih seberapa banyak core CPU dan seberapa banyak kapassitas RAM yang kamu inginkan untuk dijalankan oleh software ini.

Kesimpulan

Bluestack adalah salah satu pilihan terbaik emulator Android untuk main game Android di PC.

Pilihan emulator yang layak untuk main game Android di PC sangat terbatas. Sementara, pengujian membuktikan bahwa BlueStacks lah yang menjadi aplikasi Android untuk PC pilihan terbaik. Khususnya jika kamu ingin menikmati permainan Android dengan grafis yang apik di PC atau laptop kamu. Jadi, jika ingin bisa memainkan game Android di PC, sangat direkomendasikan untuk menggunakan Bluestacks. Atau mungkin kamu juga unya rekomendasi cara lain, kamu boleh berkomentar di kotak komentar di bawah.

2 thoughts to “Cara Main Game Android di PC atau Laptop”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *