Cara Hemat Kuota Internet Sambil Menabung BAT dengan Browser Brave

Browser tercepat tanpa iklan yang bisa hemat quota dan daya baterai.

Belakangan ini, banyak orang yang menginginkan browser tercepat tanpa iklan. Hal tersebut dikarenakan pengalaman yang kurang menyenangkan atas keagresifan iklan online saat browsing di internet. Tidak jarang ditemui iklan online yang sangat mengganggu kenyamanan, melanggar privasi, mengandung malware atau virus, menguras kuota internet dan bahkan menguras baterai. Memang iklan online sangat dibutuhkan oleh pengusaha, perusahaan ataupun publisher. Yang mana, pengusaha atau perusahaan bisa mempromosikan produk atau jasa melalui iklan online. Sedangkan publisher atau blogger bisa mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan di website mereka. Tapi karena begitu banyaknya iklan online yang nakal, browser Brave hadir dengan menawarkan cara hemat kuota internet dan daya baterai sambil menabung BAT. Browser Brave dibuat dengan komitmen untuk menjaga privasi pengguna.

Platform iklan online juga telah dan masih berperan penting bagi banyak perusahaan raksasa seperti Google dan Facebook sebagai alat utama untuk menghasilkan pendapatan. Akan tetapi, kehadiran iklan online malah menjadi suatu hal yang tidak diinginkan bagi sebagian besar pengguna internet. Karena begitu banyaknya pengguna internet yang merasa terganggu dengan kehadiran iklan online (akan dijelaskan alasannya). Ada juga beberapa browser lain yang bisa blokir iklan, tapi sudah yakinkan kamu privasi atau data pribadi kamu aman dari tracker?

Apakah Mungkin Menghilangkan Iklan Online di Browser?

Pertanyaan yang muncul adalah, apakah mungkin iklan online dihilangkan, sementara rata-rata penyedia aplikasi, blogger, layanan online, dan bahkan beberapa aplikasi browser bergantung penuh terhadap iklan online?

Itulah yang diharapkan oleh sebuah perusahaan startup pembuat browser tercepat dan canggih dengan model baru dalam bisnis browser. Yaitu browser Brave yang hadir untuk perangkat Windows, Android, iOS, dan MacOS, download Brave disini. Dengan teknologi browser terbaru, Brave bisa memblokir iklan, sehingga setiap website yang kamu buka menjadi lebih cepat dan ringan tanpa iklan dan tracker. Bahkan sistem ads terbaru dari Brave sama sekali tidak mengganggu dan bisa mendanai website atau blog yang layak untuk didanai. Jadi, cara menghemat kuota internet dan juga aman adalah menggunakan browser Brave.

Sejak diluncurkan tanggal 20 Januari 2016, Brave mulai diluncurkan dengan fitur yang memblokir semua iklan secara default. Brave juga menawarkan versi dengan pilihan untuk hanya memperbolehkan iklan yang menghormati privasi. Dan saat browser Brave 1.0 hadir untuk komputer, Brave memberikan 70 persen dari pendapatan iklan mereka kepada para pengguna.

Loading...

Browser tercepat yang memblokir iklan dan tracker.

Menurut co-founder dan Chief Executive Brave, Brendan Eich, dalam wawancara eksklusif dengan CNET mengenai fase baru bisnis perusahaan, dia berpendapat bahwa timnya bisa membuat iklan hebat.

Hal tersebut tentu merupakan tugas berat. Ada sekitar 5,5 juta orang yang menggunakan browser Brave setiap bulan. Angka tersebut masih sebagian kecil dari miliaran pengguna internet yang menggunakan peramban yang dianggap browser tercepat dan terbaik yang paling dominan saat ini, seperti Google Chrome, Firefox, dll. Agar sukses, Brave tidak hanya harus menarik orang lebih banyak untuk menggunakan browser tercepat yang mengadopsi model baru dalam merangkul iklan. Tetapi juga harus meyakinkan para mitranya dalam industri periklanan dan publikasi online bahwa kerumitan teknologi yang digunakan sepadan. Menurut perusahaan pelacakan (tracking) eMarketer, para pengiklan diperkirakan akan menghabiskan budget iklan online sekitar $132,32 miliar di Amerika Serikat tahun 2019. Angka tersebut tentunya merupakan industri yang luas dan merambat ke berbagai sektor.

Pengaruh Iklan Online Terhadap Kinerja Perangkat

Sebelum zaman aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play atau App Store, kita semua bergantung kepada browser untuk menelusuri internet. Dan juga sampai saat ini, peran penting browser dalam dunia internet juga masih sangat penting dan tidak tergeserkan. Apalagi sekarang hampir semua pengguna perangkat komputer maupun telepon seluler bergantung kepada internet. Tentu banyak pengembang aplikasi yang memanfaatkan hal tersebut.

Banyak perusahaan online seperti Facebook dan Google menawarkan nilai nyata kepada para pengguna secara gratis, tapi menampilkan iklan. Jadi, memperbaiki teknologi iklan adalah hal yang layak untuk diperhatikan saat ini. Tetapi banyak pengguna internet yang kehilangan kepercayaan terhadap iklan online, dan tidak sedikit juga diantaranya yang memblokir semua iklan online.

Kenapa banyak orang yang ingin memblokir iklan dan tracker? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, iklan online yang muncul dan tracker yang bekerja pada perangkat mengurangi daya komputasi, mempersingkat masa pakai baterai, dan membuat koneksi internet jadi lambat. Dan ada juga iklan yang sangat jahat. Berdasarkan laporan Confiant, sebuah perusahaan teknologi keamanan sistem, mengatakan bahwa 1 dari 200 iklan online berbentuk malware (virus, worm, trojan horse dan spyware), dan >1 dari 100 iklan video bersifat curang. Jadi, percuma saja kita cari cara hemat kuota internet tapi perangkat kita masih menampung iklan online yang nakal dan berbagai tracker. Terutama bagi orang-orang yang aktifitas kesehariannya sangat bergantung pada internet.

Cara Kerja Sistem Iklan Brave

Sebelumnya Fase pertama sistem iklan Brave tidak berbagi penghasilan kepada siapa pun dan sistemnya berjalan sendiri. Sistem bagi hasil dimulai beberapa minggu setelah rilis Brave 1.0. Pengguna akan mendapatkan 70 persen dari pendapatan iklan dan sisanya untuk Brave. Brave menyediakan opsi yang memungkinkan kamu untuk memilih seberapa banyak iklan yang kamu perbolehkan muncul setiap hari, antara 1 hingga 20. Jika kamu melihat iklan yang muncul, kamu hanya mendapatkan sedikit pendapatan, tetapi dengan mengkliknya bisa mendapatkan lebih banyak.

Seberapa Banyak Penghasilan yang Bisa Diperoleh Pengguna Brave?

Di awal 2019, Eich memperkirakan sekitar $5 per bulan jika kamu melihat 120 iklan. Tapi seiring pengembangan Brave, bisa jadi nantinya lebih tinggi. Dan setelah Wongunik menyelidiki, ternyata ada pengguna dari Bangladesh yang bisa mengumpulkan sekitar $18 per bulan sejak artikel ini dibuat. Dan kabarnya sistem bagi hasil Brave akan dikembangkan dan diperluas ke berbagai negara secara menyeluruh di selurh dunia di akhir 2019.

Bagi hasil tersebut adalah sistem opt-in (boleh ikut boleh tidak). Jadi, iklan Brave akan muncul hanya jika kamu mengaktifkan fitur Brave Rewards di browser Brave kamu. Jika tidak mengaktifkan fitur tersebut, iklan biasa dan iklan Brave akan diblokir.

Eich mengatakan bahwa jika pengguna Brave opt-in, hal tersebut bisa menjadi pendapatan utama perusahaan, seraya menambahkan bahwa menurut prediksinya, akan ada sekitar 40 persen dari seluruh total pengguna ikut mendaftar sistem bagi hasil Brave Rewards.

Cara Hemat Kuota Internet Saat Browsing yang Aman dan Nyaman

Cara hemat kuota ala brave sambil nambung BAT.

Pada awalnya, relevansi iklan Brave terhadap minat atau kebutuhan pengguna adalah berdasarkan konteks website yang dikunjungi. Menyimpulkan minat pengguna pada subjek iklan yang sesuai dengan konten website yang kunjungi. Tapi sekarang iklan Brave dikembangkan lagi dengan penargetan yang lebih canggih, berdasarkan teks yang kamu ketikkan di mesin pencari.

Yang berbeda dari sistem Brave adalah bahwa semua penargetan iklan dilakukan hanya di dalam browser yang diinstal pengguna. Jadi, merupakan cara hemat kuota saat browsing dan aman dari tracker (pelacak) yang menguras kuota dan baterai perangkat. Dengan arti lain, dengan penargetan iklan yang otomatis dilakukan di internal browser Brave, pengguna terhindar dari tracker dan iklan nakal yang menggunakan kuota internet tanpa seizin pengguna. Sedangkan publisher dan pengiklan tidak tahu-menahu mengenai privasi pengguna, karena Brave memblokir iklan online yang nakal dan tidak menggunakan sistem tracker. Kata kunci tertentu yang dicari di mesin pencari dapat dicocokkan oleh browser Brave secara internal. Sementara pihak luar seperti para pengiklan Brave hanya melihat konfirmasi atau laporan bahwa ada pengguna yang melihat iklan mereka.

Fase pertama sistem iklan Brave hanya antara pengiklan dan pengguna. Dan saat ini, fase Brave sudah berkembang dengan menjalin kemitraan dengan para publisher. Yang mana, iklan juga akan muncul di website publisher yang dikunjungi, tidak hanya di tab terpisah. Dalam fase tersebut, publisher akan mendapatkan 70 persen dari pendapatan iklan, pengguna akan mendapatkan 15 persen dan Brave akan mendapatkan 15 persen.

Melayani Dengan Pembayaran Crypto

Iklan Brave saat awal-awal peluncurannya disediakan oleh ad network seperti BuySellAds dan TAP Network, dan tiga perusahaan yang berfokus pada cryptocurrency yang tertarik pada pengguna Brave yang umumnya melek teknologi. Perusahaan tersebut adalah AirSwap, Fluidity dan Uphold.

Mengapa pembayarannya harus pakai koneksi crypto? Karena perusahaan unicorn Brave ini sudah terbukti sukses menggunakannya dalam mengumpulkan dana awal pada tahun 2017.

Brave menciptakan sistem pembayaran Brave Rewards dengan menggunakan teknologi cryptocurrency yang disebut Basic Attention Token (BAT). BAT memungkinkan transaksi keuangan berbiaya ringan antara pengiklan, publisher, Brave dan pengguna. Bitcoin, yang merupakan cryptocurrency paling mahal saat ini (puluhan ribu dolar), belum bernasib baik selama setahun terakhir.

Harga 1 BAT belum mencapai 1 USD saat artikel ini dibuat.

BAT yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pembayaran, bukan untuk menjadi semacam alat investasi yang dipompa advertisement. Tapi siapa tau dalam beberapa tahun kedepan harga BAT juga ikut melambung tinggi seperti nasib Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, tidak ada salahnya juga browsing sambil mengumpulkan pundi-pundi BAT dengan cara hemat kuota yang aman dan loading halaman website tidak seberat browser-browser lainnya. Semoga saja nasib BAT beberapa tahun lagi bisa menyusul Bitcoin yang sekarang merupakan rajanya cryptocurrency.

Penghasilan BAT dalam program Brave Rewards.

Pembayaran Brave sudah rutin dilakukan dan dapat digunakan untuk mengirim BAT ke website publisher (seperti Wongunik), streamer gaming Twitch, dan YouTuber. Secara default, jika kamu memilih untuk ikut ke sistemnya, Brave mengirimkan pembayaran setiap bulan berdasarkan seberapa sering kamu membaca atau menonton content creator. Tetapi kamu juga dapat memberi tip kepada orang tertentu atau memberikan kontribusi tetap kepada content creator dan publisher yang kamu sukai. Dilihat dari sistem tersebut, sepertinya Brave sedang mengembangkan sistem bagi hasil win-win-win yang belum pernah ada sebelumnya.

Baca juga:

Saat ini Brave efektif mengirimkan pembayaran BAT bulanan kepada pengguna Brave yang kemudian didistribusikan ke content creator yang telah mendaftar Brave Rewards agar bisa menerimanya. Saat artikel ini dibuat, hanya pembuat konten yang dapat menarik BAT menjadi uang, tetapi Brave juga sudah mencanangkan agar pengguna browser Brave juga bisa menarik BAT mereka jadi jadi uang ke rekening masing-masing.

Browser hemat kuota yang blokir iklan dan tracker.

Nah, apa pendapat kamu sobat Wongunik? Apakah kamu suka cara hemat kuota Internet ala Brave sambil mengumpulkan pundi-pundi BAT atau masih betah melihat iklan-iklan yang muncul saat browsing berbagai situs di browser perangkat kamu? Jika kamu juga punya wawasan mengenai teknologi Brave, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *