Cara Ganti Password Gmail di Hp Andorid dengan Mudah

Gmail merupakan layanan pesan atau email dari Google. Saat ini Gmail sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Oleh karena itu pemilik akun harus menjaga agar akun tidak diretas atau di salahgunakan oleh orang lain. Jika kamu pernah buat akun Google, kamu bisa nikmati berbagai produk Google secara gratis, salah satunya Gmail. Oleh karena itu, jika kamu adalah salah satu pengguna yang selama ini bergantung ke produk-produk Google, sangat disarankan agar selalu ingat password Gmail kamu. Jika lupa password Gmail bisa repot urusannya, apalagi jika kamu selama ini tidak menggunakan nomor handphone sebagai password recovery. Nah, artikel ini akan membantu kamu cara ganti password Gmail di Hp Android.

Keuntungan Punya Akun Gmail

Dikutip dari Wikipedia Gmail adalah layanan email (surel) yang dirilis oleh Google. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009. Untuk bisa menggunakan Google Apps dan layanan atau produk Google lainnya, kamu hanya perlu memiliki satu akun Gmail.

Dengan kapasitas ruang penyimpanan data awal sebesar 1 GB untuk satu akun, Gmail sukses memperhebat standar penyimpanan data emai secara cuma-cuma dari 2 s/d 4 MB yang diberikan penyedia layanan email lainnya pada saat itu. Pesan surel, berikut lampirannya diberi limit maksimal 25 MB, lebih leluasa dibandingkan layanan email lainnya. Gmail dirancang dengan antarmuka berkiblah pencarian dan dengan layout chatting yang terlihat mirip seperti forum-forum yang sering dijumpai di Internet.

Banyak developer web berpendapat bahwa Gmail merupakan layanan surel pertama yang menggunakan metode pemrograman Ajax. Sistem Gmail sendiri berjalan dengan Google GFE/2.0 di Linux. Sampai pertengahan 2012, layanan Gmail merupakan surat elektronik berbasis web terbesar dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 600 di berbagai belahan penjuru dunia.

Cara Menjaga Keamanan Akun Gmail

Jika kamu mengalami masalah-masalah seperti kecurigaan apakah ada yang menggunakan akun Gmail kamu. Sebaiknya kamu harus buru-buru mengganti password Gmail kamu. Karena memang mengubah password secara periodik itu sangat dianjurkan agar akun Gmail lebih aman.

Loading...

Sebelum melakukan reset password, penting diketahui bahwa berbagai produk dan layanan Google, misalnya Docs, Drive, dan lain-lain, memakai informasi akun yang sama. Oleh karena itu, kalau kamu mengganti password Gmail kamu, password untuk login ke semua produk dan layanan Google yang kamu gunakan juga akan berubah. Apa saja produk Google? Selain yang disebutkan di atas, ada juga Google Maps, Google Photos, YouTube dan masih banyak lagi. Jadi kamu harus login ulang dengan password baru ke produk-produk Google lainnya.

Mengubah Password Gmail di Hape Android

Nah, sekarang ini kamu tidak perlu khawatir jika kamu mau buru-buru ganti password akun gmail kamu, karena sekarang kamu bisa mengganti password langsung di HP Android kamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak langka-langkahnya berikut ini.

Di bawah ini adalah cara ganti password Gmail di Hp Andorid, ikuti langkah-langkahnya.

1. Pertama, kamu buka laman browser.

Buka browser pada hape Android kamu.

2. Setelah itu, kamu buka laman pencarian Google dan search Gmail.

Laman pencarian Gmail pada Mobile Chrome Android

3. Jika sudah, maka kamu akan menemukan seperti tampilan di bawah ini.

Hasil pencarian Gmail pada browser Android.

4. Buka Gmail, dan login akun gmail kamu. Otomatis kamu akan masuk ke Primary (Kotak Masuk).

Laman primary inbox Gmail pada browser Android.

5. Setelah itu, kamu klik garis tiga di ujung kiri. Atau masuk ke menu-menu Gmail, maka tampilannya seperti di bawah ini.

 

6. Buka akun Gmail versi desktop, kamu bisa lihat di bawah ada pilihan Desktop. Maka Otomatis kamu akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.

Gmail versi desktop pada browser hape.

7. Setelah itu, kamu pilih akun Gmail yang ada di pojok kanan atas bersebelahan dengan nama gmail kamu.

8. Maka kamu akan menemukan tampilan selanjutnya seperti di bawah ini.

9. Kamu sudah masuk ke settingan akun Gmail kamu, selanjutnya kamu pilih info pribadi, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

Cara ganti password Gmail di hp Android.

10. Klik Sandi akun Gmail kamu, lalu kamu harus masukkan kata sandi akun Gmail lama kamu.

Masukkan password lama Gmail sebelum mengganti sandi.

11. Setelah itu, kamu bisa langsung mengubah kata sandi akun Gmail kamu. Dengan memasukkan kata sandi lama akun Gmail dan kata sandi baru akun Gmail.

Cara mengubah sandi Gmail di handphone Android.

Maka, kamu sudah selesai mengganti kata sandi akun Gmail kamu yang baru. Perlu diperhatikan untuk mengganti kata sandi baru akun gmail Anda pada cara ini, disarankan kamu mengingat kata sandi lama kamu. Jadi dengan cara ini dengan cepat Anda bisa mengganti kata sandi baru akun gmail kamu. Jika kamu masih kawatir akan privasi akun kamu saat buka Gmail, kamu bisa browser aman dari virus yang bisa juga blokir iklan yang mengandung malware atau tracker nakal.

Di artikel kali ini kita sudah membahas bagaimana cara ganti password gmail di hp Android dengan mudah. Kamu memang disarankan untuk mengubah password gmail kamu sekali dalam beberapa waktu, misalnya tiga atau enam bulan sekali. Mengubah sandi Gmail sangat penting dilakukan secara berkala demi menjamin keamanan akun gmail kamu. Tentu kamu tidak ingin akun email kamu diretas orang yang tidak bertanggung jawab, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *