ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

5 Cara Crop Klip Video di Adobe Premiere Pro

Untuk melakukan crop video di Premiere Pro, pertama-tama tambahkan terlebih dahulu klip video ke timeline dengan cara drag & drop dari panel project sebelah kiri. Kemudian mulai dengan mengklik kanan pada sequence di panel Project dan pilih ke sequence settings. Di situ kamu bisa ubah ukuran frame sesuai keinginan. Pada video tutorial di bawah, ukuran resolusinya diubah menjadi 1080 x 1080. Rasio aspek persegi tersebut cocok untuk media sosial.

Oke, ukuran bingkai atau frame nya telah berubah, dan resolusi yang disetel akan diaplikasikan ke video saat kamu mengekspor nya. Tapi jika kamu ingin crop video hanya bagian tertentu saja pada keseluruhan project, ikuti cara crop video di bawah ini.

Catatan: nomor 1 dan 2 hanya bisa kamu praktekkan pada Premiere Pro CC 2020.

Baca juga: Software edit video terbaik untuk komputer.

Loading...

1. Cara Merapikan Crop Video dengan Efek Auto Reframe

Untuk merapikan hasil crop video di keseluruhan project kamu, buka tab Effects dan ketik auto reframe ke dalam kotak pencarian. Setelah ketemu efek auto reframe, seret efek tersebut hingga ke klip video yang ingin di crop. Secara otomatis subjek yang ada di bagian yang di crop akan diatur tampak ke tengah frame dengan bantuan keyframe yang dibuat oleh AI.

2. Crop Seluruh Sequence Klip Video Secara Otomatis

Tetapi mungkin kamu memiliki beberapa klip video di timeline dan ingin membingkai seluruh sequence secara otomatis. Untuk melakukannya, klik kanan pada sequence di panel Project dan klik opsi Auto Reframe Sequence. Ubah rasio aspek menjadiseperti yang kamu inginkan, Nah, cara tersebut akan membuat sequence baru lengkap dengan keseluruhan klip secara otomatis.

Cara Auto Reframe Sequence di Premiere Pro

3. Cara Crop Video di Premiere Pro Secara Manual

Untuk mendemonstrasikan cara memotong secara manual, kembali ke tab Effects dan ketik crop di kotak pencarian. Kemudian gunakan Move tool (V) untuk mengklik klip video yang ingin di crop. Lalu klik 2 kali efek crop yang ada di tab Effect untuk mengaktifkan pengaturan crop di kolom tab Effect Controls.

Crop video di Premiere Pro secara manual.

Kemudian ke tab Effects Control, klik pada tulisan crop, lalu pada layar preview, menggunakan Move tool (V), seret handle batas crop untuk menentukan batas-batas yang ingin di crop.

Cara mengcrop video di Premiere Pro

Atau kamu juga bisa mengatur posisinya pada setingan angka ukuran yang ada di bagian Position pada Effects Control. Untuk mengatur agar bagian yang di crop sesuai dengan ukuran frame, centang opsi zoom pada pengaturan crop di Effects Control.

4. Crop Semua Klip Video Saat Ingin Export

Ada juga cara yang lebih mudah dan cepat untuk untuk melakukan crop semua klip video. Yaitu melalui pengaturan Export. Caranya, klik pada panel timeline dan gunakan shortcut Ctrl + M pada keyboard untuk membuka jendela pengaturan Export. Di sudut kiri atas jendela Export Settings, klik tab Source dan pilih alat crop tepat di bawahnya. Kemudian pada preview-nya, seret handle batas crop untuk melakukan crop video.

Cara crop semua klip video di Premiere Pro sekaligus via pengaturan Export.

Nah, untuk mengatur resolusi video-nya, centang pada pengaturan resolusi video di jendela Exrport Settings sebelah kanan, lalu nonaktifkan atau klik ikon link yang mengikat skala rasio aspek. Setelah itu kamu bisa ubah lebar dan tingginya dengan resolusi yang kamu inginkan. Setelah selesai kamu bisa langsung export videonya.Cara yang satu ini cocok kamu gunakan jika semua pengeditan video di project kamu sudah selesai.

5. Crop Klip untuk Ditampilkan di Atas Klip yang Lain

Cara crop di Premiere Pro yang terakhir ini adalah memotong klip bagian atas yang ditindihkan ke klip yang lain di timeline. Seperti biasa, ke tab Effects di kolom sebelah kiri, lalu ketik crop ke dalam kotak pencarian. Tarik atau drag efek crop tersebut ke klip bagian atas. Kemudian pastikan klip video yang bagian teratas dipilih menggunakan Move tool (V) dan kemudian buka Effects Control. Di situ kamu bisa mengatur ukuran crop video sama seperti yang dijelaskan di cara-cara sebelumnya. Dan lagi, atur posisinya dengan menyeting angka yang ada di samping setingan Position pada tab Effects Control.

Cara crop video dan menempatkannya di atas klip yang lain.

Itulah tadi beberapa cara crop video di Premiere Pro. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di tutorial Premiere Pro selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *