ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Tutorial Premiere Pro — Cara Crop Melingkar pada Video

Hai teman-teman, tutorial Premiere Pro kali ini adalah cara crop melingkar pada video di Premiere Pro CC. Crop melingkar pada video biasanya dibuat untuk menghias video atau memfokuskan tampilang subjek yang ada di video. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara crop video di Premiere Pro.

Nah, artikel kali ini juga masih mengenai crop-mengecrop. Tapi agak sedikit berbeda, jika sebelumnya adalah cara crop video dengan bentuk potongan persegi empat, kali ini bentuk melingkar. Jika kamu sering mengedit video menggunakan software Premiere Pro, sangat direkomendasikan untuk mengetahui cara crop melingkar pada video. Langsung saja kita ikuti caranya! Agar lebih jelas lagi mengikuti cara crop melingkar di Premiere Pro, kamu juga bisa menonton video di bawah ini.

Untuk membuat tampilan subjek video dengan potongan lingkaran di frame, pertama-tama, buka panel Effects dengan mengakses menu atas: EffectsVideo EffectsTransform. Lalu di folder Transform pada panel Effects, cari efek Crop.

Tab Effects pada Premiere Pro

Loading...

Drag efek crop yang terdapat pada panel tersebut ke klip video di timeline yang akan dicrop melingkar.

Drag efek Crop ke klip di timeline.

Selanjutnya, dengan klip video yang masih terpilih, buka panel Effects Controls yang terdapat di kolom kiri atas Premiere Pro. Lalu, klik tombol Eclipse Mask yang berbentuk lingkaran lonjong di bagian pengaturan Crop.

Langkah selanjutnya, aktifkan Move Tool (V), dan geser Eclipse Mask menggunakan cursor pada layar pratinjau untuk memposisikannya pada bagian subjek yang akan di crop melingkar. Jika ingin memperbesar area yang ditandai melingkar, klik dan seret handle yang bentuknya persegi kecil.

Eclipse Mask di Premiere Pro

Kemudian, klik tombol berbentuk kotak centang bernama Inverted di panel Effects Controls, agar kita bisa membuat area selain yang diseleksi crop melingkar tidak terlihat pada layar video. Langsung saja klik dan geser mouse pada penyetingan Right atau boleh juga menggunakan penyetingan Left, Bottom dan Top, hingga keseluruhan area frame video selain yang di crop melingkar berubah menjadi hitam menutupi tampilan aslinya.

Cara crop melingkar pada video di Premiere Pro CC

Kalau kamu ingin mengatur ulang penempatan seleksi crop melingkar pada video, klik bidang yang kosong pada timeline agar efek crop nonaktif. Langsung klik lagi klip video tersebut, lalu double klik layar pratinjau video agar menghidupkan alat Free Transform.

Kemudian, pindahkan area yang terseleksi crop melingkar dengan cara mengeklik dan menggesernya pada layar pratinjau.

Mengatur posisi dan proporsi area yang di crop melingkar pada video.

Pada layar pratinjau tersebut, kamu bisa mengatur lagi ukuran tampilan objek beserta crop lingkarannya menggunakan pengontrol yang terlihat di garis tepi frame video. Oke, Sekarang kamu sudah bisa membuat crop melingkar pada video di Premiere Pro.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar memberi masukan, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Sampai ketemu lagi di panduan Premiere Pro selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *