ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Color Grading di Photoshop dengan Tehnik Painting

Banyak cara color grading di Photoshop. Salah satunya adalah tehnik painting. Nah, tutorial Photoshop ini adalah cara color grading di Photoshop dengan tehnik painting. Color grading biasa disebut dengan manipulasi warna. Tehnik painting dalam melakukan color grading sangat direkomendasikan. Karena, disamping mudah dilakukan, kita juga bisa bereksperimen dengan campuran warna yang berbeda-beda.

Nah, untuk melakukan color grading di Photoshop dengan tehnik painting, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

Pertama-tama buka fotonya dengan mengklik menu File → Open, lalu pulih lokasi penyimpanan file fotonya.

Loading...

Color grading dengan tehnik painting adalah menambahkan adjustment layer (layer penyesuaian) yang diberi warna solid. Lalu mengatur Blend Mode nya sesuai dengan keinginan.

Cara Color Grading pada Bagian Bayangan atau Berwarna Gelap

Langkah yang pertama adalah memanipulasi warna sekitar bayangan yang terdapat pada foto. Tambahkan Layer Adjustment jenis Solid Color tepat di atas layer foto (background), pilih warnanya sesuai dengan selera kamu, lalu ubah Blend Mode-nya menjadi Soft Light. Kemudian klik kanan pada layer adjustment tersebut, lalu pilih opsi Blending Options.

Penjelasan: Pada pengaturan Blending Options, tepatnya di bagian Blend if, ada dua pengaturan berbentuk slider yang bisa kamu kotak katik. Yang mana, slider bernama Underlying Layer adalah pengaturan untuk layer yang ada di bawahnya. Sedangkan This Layer adalah slider pengaturan untuk layer yang di klik kanan tadi. Pengaturan default slider Underlaying Layer menunjukkan bahwa warna solid pada adjustment layer diaplikasikan ke area bayangan (shadow) dan area utama (highlight) pada gambar.

Nah, jika sudah mengerti penjelasan di atas, kini kamu boleh menggeser slider yang berada di warna putih dan hitam pada pengaturan Underlying Layer untuk bereksperimen agar color grading untuk area bayangannya sesuai dengan yang kamu harapkan. Agar color grading-nya hanya diaplikasikan di area bayangan saja, geser slider yang berada di bagian putih ke arah kiri menjauh hingga mendekati warna gelap dan amati hasil perubahan warna pada area bayangan. Dengan demikian area yang berwarna cerah tidak terkontaminasi dengan warna solid yang ditambahkan pada adjustment layer tadi.

Sampai tahap ini, di area bayangan, warna penyesuaiannya (warna solid yang ditambahkan di adjustment layer) tentu masih sangat ngejreng atau dengan kata lain masih kental atau keras. Nah, agar mengubah warna tersebut menjadi lebih alami atau terlihat lebih lembut, bagi dua slidernya dengan cara menahan tombol ALT pada keyboard. Lalu geser belahan slider sebelah kanan ke arah kanan sampai kamu lihat perubahan warna di area bayangan (gelap) terlihat lebih alami. Setelah selesai, klik tombol OK.

Cara Color Grading pada Bagian Utama (Highlights)

Selanjutnya adalah melakukan color grading di Photoshop khusus untuk bagian utama pada gambar. Bagian utama pada gambar objek biasa disebut dengan istilah Highlights dalam bahasa bakunya.

Sama seperti tadi, tambahkan lagi Layer Adjustment jenis Solid Color yang baru dan beri warna sesuai dengan keinginan kamu. Color grading pada bagian utama biasanya diberi layer adjustment warna solid yang cerah. Tapi itu bukan jadi patokan. Kamu boleh bereksperimen dengan warna apa saja dan lihat hasil perubahan warnanya apakah sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. Lalu ubah Blend Mode-nya menjadi Soft Light.

Klik ikon bergambar mata di samping layer adjustment sebelumnya untuk menonaktifkannya agar pengeditan pada layer adjustment yang baru lebih jelas terlihat. Kemudian, klik kanan pada layer adjustment yang baru ditambahkan, lalu pilih opsi Blending Options.

Nah, pada pengaturan slider Underlying Layer, geser slider sebelah kiri sampai warna yang baru ditambahkan hanya diaplikasikan di area utama saja. Bagi slidernya dengan menahan tombol ALT dan geser bagian slider sebelah kiri ke arah kiri agar warna yang diaplikasikan pada area utama terlihat lebih alami atau lebih lembut.

Mengatur Opacity Color Grading

Sebelum mengatur Opacity pada color grading, gabung terlebih dahulu layer adjustment-nya ke dalam satu grup. Tekan tombol CTRL dan klik kedua layer adjustments, lalu tekan tombol G pada keyboard maka kedua layer adjustment tersebut berada dalam satu grup. Kemudian pilih grup tersebut, dan atur Opacity nya.

Pengaturan persentase Opacity perlu dilakukan agar color grading yang diaplikasikan tidak terlalu kentara, sehingga warna hasil editan tetap terlihat natural. Caranya, pastikan grup layer adjustment masih terpilih, lalu ubah terlebih dahulu Opacity-nya menjadi 0%, dan setelah itu naikkan sedikit-demi sedikit hingga kamu melihat warnanya terlihat lebih alami dan lembut tidak terlalu mengubah warna aslinya. Biasanya persentase Opacity pada color grading sekitar 40% hingga 60%. Tapi nilai persentase tersebut tidak menjadi patokan, tergantung nilai seni pada hasil editan yang ingin kamu dapatkan.

Sentuhan Akhir pada Color Grading Tehnik Painting

Sampai tahap ini tentunya hasil editan color grading sudah final. Tapi mungkin kami ingin agar hasilnya lebih keren lagi. Kamu boleh mengubah-ubah warna yang terdapat pada layer adjustment tadi untuk bereksperimen dengan cara double-klik pada warnanya dan memilih warna yang lain.

Atau, mungkin kamu juga ingin menambah color grading yang lain. Caranya tinggal menduplikasikan grup layer adjustment tadi. Caranya, pastikan grup layer adjustment masih terpilih, tekan tombol Ctrl dan J secara bersamaan, dan grup akan terduplikasi. Nah, pada duplikasi layer adjustment tersebut dan nonaktifkan terlebih dahulu grup sebelumnya dengan menekan ikon bergambar mata disamping grupnya. lalu, ubah-ubah warna dan setingan Blending Options pada grup layer adjustment yang baru agar hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *