Cara Cek HP Samsung Android Untuk Mengetahui Asli atau Palsu

Tanda-tanda fisik hp Samsung Galaxy asli.

Untuk mengetahui apakah hp Samsung asli atau palsu, kita harus tau cara cek keasliannya. Cukup mempelajari keaslian Samsung Android kita sudah tau membedakan mana yang asli dan palsu.

Memang benar bahwa banyak orang tertarik untuk membeli hp Samsung palsu karena disamping harganya murah, juga sudah menggunakan OS Android. Tetapi faktor yang mendorong kesalahan seperti hal tersebut adalah kurang paham dan tidak tau cara membedakan Samsung asli dan yang palsu.

Mengapa ada Ponsel Samsung Android Palsu?

Alasan yang paling tepat mengapa ponsel Samsung palsu sangat marak dijual adalah karena hp atau smartphone Samsung Galaxy memakai sistem Android. Dan And adalah sistem operasi open source yang siapa saja boleh mengembangkan OS ini. Artinya, kode sumber OS ini terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan di bawah lisensi open source.

Dengan demikian, banyak produsen ponsel yang tidak diketahui memanfaatkan open source ini untuk membuat tiruan hp bermerek, dalam topik ini Samsung Galaxy, atau istilah yang lebih umum di Indonesia disebut juga dengan Samsung Android. Perusahaan-perusahaan seperti ini banyak yang mahir dalam seni memanipulasi konsumen dan dengan secara tidak langsung didukung oleh kedermawanan OS Android agar membeli ponsel Samsung tiruan mereka dengan harga yang sangat murah.

Jadi , kamu mungkin ingin membeli hp Samsung, tapi tidak tahu membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Atau mungkin sudah terlanjur membeli hp yang berlabel Samsung, tetapi kamu mulai meragukan keasliannya.

Loading...

Jika salah satu dari dua kondisi tersebut memang sedang kamu alami, sangat disarankan untuk mengetahui cara cek hp Samsung kamu. Tidak perlu berpanjang lebar menjabarkan cara cek Samsung galaxy replika untuk menghapus keraguan kamu apakah hp Samsung milik kamu palsu atau asli.

Cek Keaslian Samsung Galaxy Dengan Mudah

Ponsel pintar Samsung Galaxy versi yang palsu sering juga disebut dengan versi clone atau replika. Ikuti panduan di bawah ini untuk mengetahui cara cek hp Samsung replika atau original.

1. Periksa Nomor IMEI Ponsel Samsung

Nomor IMEI adalah nomor unik yang membedakan setiap ponsel cerdas (smartphone). Jadi perlu diketahui bahwa IMEI yang tertera pada hp sama persis dengan nomor IMEI yang tertulis atau dicetak di kotak produknya. Untuk memeriksa nomor IMEI hp Samsung kamu, cukup tekan ketik *#06# dan tekan tombol berlogo telepon pada keypad dial ponsel tersebut.

Ketik *#06 untuk mengecek nomor IMEI hp Samsung.

Setelah itu nomor IMEI ponsel cerdas kamu akan tampil. Lalu, bandingkan atau cocokkan dengan nomor IMEI yang tercetak pada kotak hp Samsung kamu.

Label nomor IMEI pada kotak HP.

Nah, nomor unik tersebut artinya hanya ada satu hp Samsung yang bernomor IMEI tersebut. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang artinya; identitas perangkat mobile internasional. Jika nomor IMEI yang muncul pada layar hp kamu berbeda dengan nomor IMEI yang ada pada kotaknya, kemungkinan besar HP Samsung Galaxy tersebut adalah palsu.

2. Periksa Kamera HP Samsung

Setiap kamera ponsel Samsung yang asli memiliki fitur setingan yang lengkap. Dan foto yang dihasilkan juga jelas dengan warna yang tajam. Dalam ponsel Samsung palsu atau tiruan, pengaturan kameranya mungkin sama seperti seperti aslinya. Tetapi kualitas gambarnya terlihat buram dan buruk. Jadi, untuk cek hp Samsung kamu apakah original atau replika, perhatikan saja settingan kamera nya dan kualitas hasil pemotretannya. Jadi, cara cek hp Samsung original atau palsu juga bisa dengan memeriksa kualitas kameranya.

3. Periksa Memori Ponsel Samsung

Sebagian besar produk ponsel Samsung Galaxy disertai dengan perangkat memori 8GB, 16GB, atau 32GB. Ponsel Samsung Galaxy yang asli memiliki sisa memori bebas (belum kepakai) sekitar 5.5GB, 10.3GB, atau 23GB dari total memori hp keseluruhan tepatnya 8GB, 16GB, atau 32GB. Sedangkan hape Samsung Galaxy palsu atau yang dikloning biasanya memiliki kapasitas memori lebih sedikit dibandingkan versi yang aslinya. Dari cara yang semuda ini kita sudah bisa memeriksa keaslian hp Samsung yang berperangkat Android.

4. Tes Kode Samsung

Kemudian lanjut ke cara cek hp Samsung yang lebih akurat, yaitu dengan mencoba kode Samsung di hp tersebut. Pada hape Samsung asli, kamu bisa mengetahui informasi perangkat lunak dan perangkat keras nya menggunakan beberapa kode pada dial keypad hape tersebut. Cukup melakukan panggilan kode berikut dari tombol nomor tersebut.

Kode Tes Samsung

KodeFungsi
*#1234# Untuk melihat SW Version PDA, CSC, dan MODEM
*#0*#Mode tes umum samsung
*#12580369#Untuk mengecek perangkat software & info hardware
*#197328640#Mode servis
*#0228#Membaca ADC
*#32489#Info ciphering
*#232337#Alamat bluetooth
*#232331#Mode tes bluetooth

Jadi, pandai-pandai lah memahami bahwa perangkat yang palsu tidak mengandung kode-kode tersebut diatas.

Mode tes umum hp Samsung Android

Disamping cara-cara mengecek keaslian hp Samsung Galaxy diatas, mengamati dan memerisa fisik hape-nya bisa juga dipraktekkan untuk mengetahui apakah ponsel Samsung palsu atau asli. Jadi, apakah kamu menggunakan Samsung Galaxy Note 4, Note 3, S5 atau S4, dengan melakukan cek keaslian hp Samsung yang benar sebelum membelinya?

Nah, jika ponsel pintar Samsung tersebut memiliki tanda-tanda di bawah ini, kemungkinan hp Samsung kamu adalah versi kloningan alias palsu.

Tanda-Tanda Fisik HP Samsung palsu

Tanda-tanda fisik hp Samsung Galaxy asli.Ponsel genggam Samsung Galaxy yang palsu pada umumnya memiliki tanda-tanda fisik yang kentara. Kamu juga perlu melakukan cek hp Samsung berdasarkan fisik yang berikut sebelum membeli ponsel pintar bermerek Samsung.

1. Periksa Kecerahan Layar dan Getaran layar Getaran HP Samsung

Ponsel Samsung Android yang asli menampilkan warna tampilan layar yang lebih hidup dan padat. Sedangkan hp Samsung palsu pixel warna pecah dan terlihat membosankan di layarnya.

2. Periksa Jarak dari Layar ke Sudut Sisi Kiri dan Kanan

Ponsel Samsung Galaxy replika biasanya memiliki celah lebar dari tepi layar ke tepi fisik ponselnya.

3. Elus Logo Samsung di Atas Screen

Kamu bisa merasakan tonjolan logo pada hp Samsung asli. Sementara logo hp Samsung replika cenderung rata dengan casingnya dan mudah terkelupas.

4. Periksa Kekerasan Tombol Home

Bisa jadi tampilan fisik antara ponsel Samsung Galaxy yang palsu dan yang asli terlihat sama persis. Akan tetapi, tombol home dan juga tombol volume pada hp Samsung palsu lebih keras ditekan dan sering juga ada celah abnormal.

5. Periksa Bahan Kaca Layar

Eluskan jari kamu di atas hp bermerek Samsung tersebut. Jika terasa seperti plastik, maka besar kemungkinannya hp Samsung tersebut adalah palsu.

Cara Mengecek Keaslian Baterai Ponsel Samsung

Bisa jadi hp Samsung Galaxy yang kamu pegang adalah asli, tapi baterainya palsu. Oleh karena itu, sebelum membeli hp Samsung Galaxy, perlu juga mengecek baterainya. Oleh karena itu, perhatikanlah langkah-langkah berikut untuk mengecek keaslian baterai hp Samsung.

  1. Periksa jenis logo Samsung pada baterai. Pastikan tidak salah eja dan terlihat persis seperti logo Samsung asli.
  2. Memiliki simbol positif (+) dan negatif (-) di bagian kontak powernya.
  3. Harus ada nomor seri pada baterai ponsel Samsung.

Nah, sebagai kesimpulan, kamu harus lebih teliti untuk melakukan cek hp Samsung Galaxy ini kalau kamu masih ragu apakah telepon Samsung yang ingin kamu beli atau yang kamu miliki adalah replika atau yang orisinil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *