Buat Akun Google Sama Saja dengan Buat Gmail Baru – Ini Caranya

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu buat akun Google. Bukan hanya mendapatkan gmail baru yang digunakan untuk mengirim dan menerima email. Tapi akun Gmail kamu akan bisa di pakai di semua produk dan layanan Google seperti Youtube, Plusone, Blogspot, Adsense, termasuk Android.

Sebenarnya masih banyak lagi produk-produk Google yang bisa kamu nikmati setelah buat akun Google atau buat gmail. Nanti juga akan di bahas di sini. Tapi sebelumnya mari kita bahas cara buat akun Google terlebih dahulu.

Cara Buat Gmail Baru

Jika kamu ingin membuat akun Google, nanti kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan email baru dengan domain Gmail. Gmail adalah layanan penyedia akun email berbasis web yang dimiliki oleh mbah Google.

Pada panduan ini, kamu akan dipandu bagaimana cara membuat email baru berlabel Gmail. Yang kamu butuhkan adalah;

Komputer atau ponsel apa saja yang bisa mengakses internet dari browser web atau hape/ Browsernya boleh Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau browser apa saja. Yang penting bisa buka alamat www.google.co.id.

Lankah 1: Buka Situs Google

Langsung saja buka alamat tersebut diatas pada browser kamu, lalu ikuti petunjuknya langkah demi langkah seperti yang diuraikan di bawah ini yaitu cara buat akun Google atau Gmail.

Langkah pertama cara buat akun Google.
Klik tombol Sign In berwarna biru yang berada di pojok kanan tampilan web di browser kamu.

Langkah 2: Klik Buat akun

Setelah itu kamu akan masuk ke halaman log in. Sebelum klik buat akun, disarankan mengganti bahasanya ke bahasa Indonesia agar lebih mudah memahami langkah-langkah membuat akun Gmail. Untuk membuat email baru di Google, klik buat akun seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Cara buat akun Gmail baru.
Ganti opsi bahasa ke bahasa Indonesia lalu klik Buat Akun.

Langkah 3: Halaman Buat Akun Google

Nah, setelah itu kamu diarahkan ke halaman Buat Akun Google untuk mempersiapkan akun baru kamu. Google memerlukan beberapa informasi tentang diri kamu. Bari yang pertama ada dua kolom yang perlu kamu isi, yaitu kolom nama depan dan nama belakang. Jika nama kamu terdiri dari lebih dari dua kata, masukkan saja nama kamu yang paling depan dan kemudian yang paling belakang atau marga.

Setelah itu ke kolom untuk memilih nama akun Gmail kamu. Tentukanlah alamat Gmail yang unik yang masih tersedia. Kolom untuk mengisi opsi ini tepat sebelum @gmail.com di halaman Buat Akun Google tersebut. Setelah itu isi kolom sandi dan konfirmasi sandi dengan karakter yang sama persis. Disarankan yang susah ditebak namun mudah diingat. Akan lebih baik jika membuat kata sandi dengan kombinasi karakter huruf dan angka.

Tampilan halaman Buat Akun Google.
Masukkan data-data yang diperlukan Google untuk informasi akun Google kamu yang baru.

Kemudian klik tombol berikutnya. Tapi Google harus memeriksa ketersediaan nama akun yang kamu pilih. Jika tidak tersedia, kamu boleh pilih nama akun yang lain yang belum dipakai orang lain. Tampilannya seperti berikut;

Cara memilih alamat Gmail baru.
Masukkan kembali nama pengguna pilihan kamu yang belum digunakan orang lain.

Lalu klik tombol Berikutnya. Setelah berhasil ke untuk melanjutkan ke halaman berikutnya, disarankan untuk mencatat alamat email tersebut dan bila perlu kata sandinya juga. Tapi pastikan untuk menyimpan catatan tersebut di tempat yang aman agar tidak ada orang lain yang tau info login akun Google kamu. Hal ini sangat berguna karena biasanya alamat akun gmail bisa saja lupa beberapa hari kemudian.

Langkah 4: Verifikasi Nomor Telepon Genggam

Jika sudah sampai ke langkah berikutnya, kamu akan dimintai nomor telepon genggam kamu untuk verifikasi melalu SMS. Hal ini berguna untuk keamanan akun Google atau akun Gmail kamu. Masukkan nomor hape kamu ke kolom seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Buat akun Gmail baru butuh verifikasi nomor telepon.
Masukkan nomor hape kamu untuk verifikasi akun.

Setelah itu klik tombol berikutnya. Kemudian kamu akan dimintai kode verifikasi akun Gmail baru yang kamu terima melalui SMS.

Kode verifikasi buat akun Gmail baru.
Masukkan kode verifikasi yang kamu terima via SMS.

Kemudian masukkan kode verifikasi tersebut, lalu klik Verifikasi.

Langkah 5: Lengkapi Data Pribadi

Setelah tahap verifikasi nomor telepon berhasil, kamu akan dimintai data pelengkap. Ada yang opsional (boleh diisi atau tidak) ada yang wajib diisi.

Lengkapi data pribadi pada akun Google kamu.
Masukkan data pelengkap.

Setelah selesai mengisi data pribadi kamu, klik tombol Berikutnya. Nan, setelah itu sebaiknya baca keterangan dari Google yang tertera di situ. Halaman ini tersebut adalah halaman tawaran google untuk mengoptimalkan penggunaan nomor telepon kamu. Kamu boleh ikut atau melewatinya.

Tawaran untuk mengoptimalkan penggunaan nomor telepon pada Google.

Langkah 6: Setujui Privasi & Persyaratan

Anda harus menyetujui privasi dan persyaratan Google terlebih dahulu setelah membacanya. Klik Saya Setuju. Setelah itu tunggu sampai loadingnya selesai.

Setujui privasi dan persyaratan penggunaan Google.

Langkah 7: Dasbor Email Google

Nah, sekarang kamu sudah punya akun Gmail baru. Langkah selanjutnya kamu secara otomatis akan dialihkan ke dasbor Gmail. Sampai tahap ini kamu akan dipandu oleh Google bagaimana cara menggunakan Gmail untuk mengirim dan menerima email. Di dasbor kamu, di sebelah kiri kamu bisa melihat menu kotak masuk, kotak email yang kamu tandai berbintang, dan kotak sampah, dan opsi tulis email dan seterusnya.

Panduan cara membuat akun Gmail baru.
Tampilan halaman dasbor Gmail.

Langkah 8: Mengunggah Gambar Profil (Opsional)

Nah, sekarang kamu sudah berhasil membuat akun Gmail baru. Sebagai pelengkap, kamu boleh mengunggah gambar profil kamu agar terlihat di akun Google dan di semua layanan atau produk Google yang kamu gunakan baik di browser desktop, browser hape, ataupun di applikasi Android.Kamu juga boleh menambahkan pengaturan-pengaturan lain yang disediakan oleh Google demi kenyamanan dan privasi kamu.

Manfaat Punya Akun Google

Seperti yang kita ketahui, hampir semua muda-mudi dan orang dewasa memiliki ponsel berbasis Android. Agar lebih optimal dalam menggunakan hape Android, sangat disarankan buat akun Google jika belum punya. Adapun manfaatnya sangat banyak. Yang terutama adalah agar bisa masuk ke Play Store dan mengunduh beberapa aplikasi Android di antara berjuta-juta aplikasi yang ditawarkan di sana.

Kemudian manfaat yang tak kalah pentingnya, kamu bisa menerima atau mengirim email untuk kepentingan bisnis, belanja online, ataupun keperluan pekerjaan kantor. Selain kedua manfaat tadi, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya yang kamu dapatkan dengan cuma-cuma. Itulah alasan kuat kenapa banyak pengguna iOS beralih ke Android. Karena jika kamu punya akun Google, berarti kamu juga punya akun;

  • Gmail,
  • Youtube,
  • Plusone,
  • Blogspot,
  • Google Drive (ruang penyimpanan file gratis),
  • Google Docs (alternatif software Windows Office),
  • Adwords,
  • dll.

Sementara jika kamu ingin punya akun Adsense, kamu harus punya blog atau situs lalu mendaftar. Kalau mendaftar melalui Youtube lain lagi persyaratanya. Untuk hal-hal lainnya kita bahas di lain kesempatan. Selamat menggunakan akun Google kamu untuk menikmati berbagai layanan dan produk Google yang serba gratis!

Jika ada pertanyaan sekitar masalah daftar gmail baru, silahkan berkomentar di kotak komentar di bawah.

One thought to “Buat Akun Google Sama Saja dengan Buat Gmail Baru – Ini Caranya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *