Cara Backup Data iPhone ke iCloud

Cara backup iPhone ke iCloud.

Dulu, untuk backup data iPhone ke berbagai perangkat lain membutuhkan sinkronisasi menggunakan software tambahan dan perangkat juga harus kompatibel. Cara tersebut bisa menjadi pekerjaan yang rumit bagi pemula, belum lagi backup data iPhone rawam hilang. Karena jika data cadangan tersebut dibiarkan berlama-lama di komputer kemungkinan besar pengguna tidak sengaja menghapus atau jadi corrupted.

Berkat iCloud, sebuah layanan backup iPhone dan sinkronisasi data berbasis web dari Apple beserta data penting seperti kontak, kalender, email, dan file-file seperti foto jadi lebih mudah dicadangkan. Jika iCloud diaktifkan di perangkat iPhone kamu dan kamu membuat perubahan di aplikasi yang mendukung iCloud, perubahan tersebut secara otomatis akan diunggah ke akun iCloud kamu pada saat ponsel tersebut terhubung ke internet. Kemudian update nya akan dibagikan ke semua perangkat milik kamu yang kompatibel dengan iCloud.

Dengan fitur iCloud, menjaga agar data iPhone tetap sinkron jadi semudah menggunakan fitur settings iPhone dan langsung terkoneksi ke akun iCloud.

Persyaratan Agar Bisa Menggunakan iCloud

  • Akun Apple atau iTunes. Akun iCloud kamu menggunakan username dan password yang sama dengan ID Apple atau iTunes. Untuk password akun Apple dan kunci layar iPhone berbeda. Pastikan juga kamu tidak lupa password iPhone kamu.
  • Komputer Mac minimal menggunakan OS X 10.7.5 atau yang lebih tinggi, atau
  • PC Windows Vista atau 7 atau yang lebih tinggi dan sudah terinstal iCloud Control Panel, atau
  • IPhone, iPod Touch, atau iPad yang menggunakan iOS 5 atau yang lebih tinggi, dan
  • iTunes 10.5 atau yang lebih tinggi.

Agar bisa menggunakan aplikasi iCloud berbasis web, kamu membutuhkan browser Safari 5, Firefox 21, Internet Explorer 9, atau Chrome 27, atau versi lebih tinggi. Jika belum memebuhi standar browser tersebut, kamu bisa upgrade browser kamu terlebih dahulu.

Jika peralatan software yang diperlukan untuk menggunakan iCloud berbasis web, selanjutnya kamu bisa mulai pengaturan iCloud. Untuk mengatur iCloud bisa dimulai pada komputer desktop atau laptop.

Loading...

1. Persiapkan iCloud pada Mac atau Windows

Kamu bisa menggunakan iCloud tanpa menghubungkan komputer kamu ke iCloud. Software ini memiliki fitur bagus untuk pengguna iPhone dan iPad. Tetapi akan lebih bermanfaat jika kamu menyinkronkan data ke komputer kamu juga.

Cara Menyeting iCloud di Mac OS X

Menyeting iCloud pada komputer Mac hanya membutuhkan langkah yang singkat dan mudah. Selama Mac kamu menggunakan OS X 10.7.2 atau versi yang lebih tinggi, software iCloud terhubung langsung secara nativ ke dalam sistem operasinya. Dengan demikian, kamu tidak perlu menginstal software apa pun. Berikut ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatur iCloud di Mac OS X;

  • Untuk mengakses pengaturan akun iCloud kamu, klik menu Apple di sudut kiri atas dan pilih System Preferences.
  • Kamu mungkin sudah masuk ke akun iCloud kamu. Jika belum, masuk dulu menggunakan akun Apple ID atau iTunes yang kamu miliki.
  • Centang kotak di samping fitur-fitur iCloud yang ingin kamu aktifkan.

Cara Menyeting iCloud di PC Windows

Sistem Windows sangat berbeda dengan komputer Mac. Yang mana secara bawaan Windows tidak dilengkapi dengan iCloud. Jadi, kamu perlu mendownload software yang bernama iCloud Control Panel terlebih dahulu. Dibawah ini adalah langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatur iCloud di Windows;

  • Download software iCloud Control Panel dari  situs resmi Apple.
  • Instal software tersebut dengan benar.
  • Setelah selesai menginstal, jalankan iCloud Control Panel.
  • Masuk ke software tersebut menggunakan akun Apple atau akun iTunes kamu lengkap dengan password nya.
  • Centang kotak di samping fitur-fitur iCloud yang ingin kamu aktifkan.

2. Menyeting dan Menggunakan iCloud di Gadget Berbasis iOS

Cara menyeting iCloud di perangkat iOS.

Semua perangkat yang berbasis iOS seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch menjalankan iOS 5 atau versi yang lebih tinggi. Berarti sistemnya sudah dilengkapi dengan aplikasi iCloud bawaan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi apa pun untuk dapat menggunakan iCloud di gadget iOS kamu. Gadget kamu tinggal butuh pengaturan untuk menjaga data nya tetap sinkron ke komputer dan perangkat yang mendukung iCloud.

Kamu perlu mengkonfigurasi fitur yang perlu kamu gunakan hanya dalam beberapa menit saja. Setelah itu, kamu bisa menikmati manfaat pembaharuan otomatis tanpa kabel dalam mencadangkan data, foto, dan konten lainnya.

Cara Mengakses Pengaturan iCloud di Perangkat iOS

  • Tekan aplikasi Settings (Pengaturan)
  • Tekan iCloud
  • Berdasarkan pilihan yang kamu buat pada saat pengaturan perangkat kamu, iCloud mungkin sudah jalan dan akun kamu mungkin sudah masuk secara otomatis. Jika kamu belum masuk, tekan tombol Account (Akun) dan masuk menggunakan ID Apple atau akun iTunes kamu.
  • Geser slider ke On (hijau) agar setiap fitur yang kamu inginkan diaktifkan.
  • Pada bagian bawah layar, tekan tombol menu Storage & Backup. Jika kamu ingin backup data iPhone ke iCloud, geser atau pindahkan slider iCloud Backup ke On (hijau). Fitur ini bagus agar kamu bisa memulihkan data iPhone dari pencadangan secara nirkabel melalui iCloud.

Lebih lanjut mengetahui cara backup data iPhone  ke iCloud, ikuti langkah berikutnya.

3. Cara Menggunakan Bakcup iCloud

Cara menggunakan backup iCloud

Dengan melakukan backup iPhone ke iCloud dengan cara menyinkronkan data antara komputer dan gadget kamu, berarti data kamu diunggah ke akun iCloud yang kamu miliki. Dalam kata lain, kamu memiliki data cadangan iPhone kamu di aplikasi ini. Mengaktifkan fitur backup iCloud tidak hanya berguna untuk membuat data cadangan iPhone. Tetapi fitur backup iCloud juga membuat beberapa cadangan data dan restore data yang dicadangkan tersebut melalui koneksi internet.

Ketahui juga cara restore data iPhone menggunakan iTunes.

Semua pengguna iCloud mendapatkan jatah ruang penyimpanan online sebesar 5 GB secara gratis. Kamu juga bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan tambahan dengan biaya tahunan.

Software atau Aplikasi yang Memiliki Fitur Backup iCloud

Beberapa program penting yang akan disebutkan berikut memiliki fitur backup iCloud bawaan. Untuk menggunakan fitur tersebut di program ini, biasanya kamu perlu mengaktifkannya agar datanya terunggah ke iCloud.

  • Aplikasi Mac OS seperti bookmark Safari, Calendar, Mail, Notes, Address Book, dan Remainders.
  • Aplikasi Windows: bookmark Safari, Outlook 2007 atau versi yang lebih baru.
  • Pages, Keynote, dan Number 1.5 atau versi yang lebih tinggi.
  • iPhoto ’11 atau versi yang terbaru.
  • Aperture 3.2.3 atau versi yang lebih tinggi.
  • Aplikasi iOS seperti Mail, Calendars, Contact, bookmark Safari, Remainders,Notes, Passbook, Photos, Keychain iCloud, Pages, Halaman, Numbers, dan Pesan SMS.

Cara Memeriksa Ruang Penyimpanan iCloud

Untuk mencari tahu seberapa besar kapasitas ruang penyimpanan backup data di iCloud dan berapa sisa space kosong nya, kamu bisa gunakan cara di bawah ini;

  • Pada Mac atau Windows: Untuk Mac, buka iCloud Preferences, atau buka Control Panel di Windows. Bilah di bagian bawah menunjukkan seberapa banyak yang terpakai seberapa banyak ruang yang tersedia.
  • Pada perangkat iOS: Tekan aplikasi Settings (Pengaturan) lalu tekan iCloud. Pilih Storage & Backup lalu cari menu Storage (Penyimpanan).

Mengelola Backup iCloud

Anda bisa melihat setiap backup data iPhone kamu di akun iCloud dan menghapus salah satu yang tidak diperlukan lagi.

Untuk melakukannya, ikuti panduan  yang kamu gunakan untuk memeriksa ruang penyimpanan iCloud kamu. Pada layar tersebut, klik Manage (kelola) atau Manage Storage (kelola penyimpanan).

Kemudian kamu akan melihat cadangan sistem lengkap dan daftar aplikasi milik kamu yang menggunakan cadangan iCloud.

  • Untuk backup sistem lengkap, kamu bisa memilih sebuah backup lalu klik Delete (hapus) di PC Windows atau tekan  backup lalu Delete Backup (hapus cadangan) melalui gadget iOS. Disarankan melakukan cara ini jika kamu yakin ingin menghapusnya dan sudah ada data cadangan yang lebih baru. Hal ini berguna untuk menghemat ruang penyimpanan di iCloud.
  • Untuk setiap aplikasi yang kamu cadangkan, klik atau buka aplikasi untuk melihat dokumen apa saja yang sedang dicadangkan ke akun iCloud kamu. Untuk menghapus file, geser ke file dan tekan tombol Delete (pada gadget iOS), atau klik file tersebut dan kemudian klik tombol Delete ( pada Mac atau Windows).

Cara Restore Data iPhone dari Backup iCloud

Proses restore data iPhone dari salinan data cadangan yang terdapat di iCloud kurang lebih sama juga caranya untuk restore data iPad dan iPod Touch.

Cara Meng-upgrade Ruang Penyimpanan iCloud

Jika kamu perlu menambahkan space ruang penyimpanan di akun iCloud kamu, cukup mengakses software iCloud di perangkat dan pilih upgrade.

  • Pada Mac atau Windows: Buka iCloud System Preference  di Mac atau Control Panel  di komputer Windows. Klik Manage (kelola) dan kemudian Buy More Storage (beli bebih banyak ruang penyimpanan). Lalu, klik paket upgrade yang kamu inginkan dan kemudian klik Next (berikutnya). Masukkan password  ID Apple kamu dan klik Buy (beli) untuk meningkatkan space ruang penyimpanan iCloud kamu.
  • Pada gadget iOS: Tekan Settings (pengaturan), lalu pilih iCloud, kemudian Storage & Backup. Setelah itu, tekan Buy More Storage, tekan salah satu opsi yang kamu inginkan, dan tekan Buy (beli).

Mengupgrade ruang penyimpanan iCloud akan dibebankan biaya tahunan yang dibayar melalui akun iTunes kamu.

4. Cara Menggunakan iCloud

Cara menggunakan aplikasi iCloud dan manfaatnya.

Setelah iCloud sudah diaktifkan di iPhone atau gadget iOS kamu dan sudah mengonfigurasi backup (jika kamu ingin menggunakannya), berikut di bawah ini adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam penggunaan aplikasi yang kompatibel dengan iCloud.

Mail

Jika kamu memiliki alamat email iCloud.com (gratis dari Apple), aktifkan opsi ini untuk memastikan bahwa email iCloud.com kamu tersedia untuk semua perangkat iCloud kamu.

  • Kamu juga bisa menggunakan email iCloud.com di webmail.
  • iCloud tidak bisa menyinkronkan beberapa akun email iCloud.

Calendars

Pada saat fitur ini diaktifkan, semua kalender kamu yang kompatibel dengan iCloud akan tetap tersinkron. Kalender juga diaktifkan di web.

Photos

Fitur multimedia ini bisa berfungsi secara otomatis dalam menyalin file-file foto yang ada ke perangkat iOS dan ke iPhoto atau ke software Aperture di komputer Mac untuk penyimpanan dan berbagi foto.

Remainders (Pengingat)

Pengaturan ini akan menyinkronkan semua pengingat di aplikasi versi iOS dan Mac. Fitur pengingat juga diaktifkan di web.

Notes (Catatan)

Isi konten aplikasi iOS Notes kamu akan disinkronkan ke semua perangkat iOS milik kamu pada saat pengaturan ini diaktifkan. Notes juga dapat sinkron ke program Apple Mail yang terdapat di komputer Mac kamu.

Safari

Pengaturan ini berguna untuk memastikan bahwa browser Safari yang ada di komputer, laptop dan di gadget iOS lainnya memiliki setingan bookmark yang sama.

Contacts

Aktifkan fitur ini dan informasi yang tersimpan di di dafta kontak kamu atau aplikasi buku alamat akan tetap tersinkron ke semua perangkat. Kontak juga diaktifkan di web.

Keychain

Fitur in adalah salah satu fitur unggulan browser Safari yang berguna untuk menambah kemampuan login otomatis menggunakan data seperti nama pengguna ID dan password ke situs web menggunakan perangkat iCloud. Fitur ini juga dapat menyimpan informasi kartu kredit agar lebih cepat dan mudah dalam melakukan pembelian online.

Documents & Data

Berguna untuk menyinkronkan file dari Pages, Keynote, dan Numbers ke iCloud. Selain itu juga menyinkronkan ke perangkat iOS dan Mac pengguna pada saat saat fitur ini dihidupkan. Fitur ini juga mendukung web untuk memungkinkan pengguna mengunduh file dari iCloud.

Back to My Mac

Tidak seperti fitur-fitur keluaran Apple lainnya. Fitur ini adalah fitur khusus hanya untuk Mac yang memungkinkan pengguna Mac bisa mengakses Mac dari komputer lain.

Find My iPhone

Fitur ini menggunakan GPS dan koneksi internet untuk membantu pengguna menemukan perangkat yang hilang atau dicuri. Versi web nya juga bisa digunakan untuk menemukan perangkat yang hilang dicuri. Sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk mencari iPhone, bisa juga digunakan untuk mencari perangkat iOS lainnya seperti iPad, iPod dan Mac. Baca jugarestore cara menggunakan Find My iPhone.

Web Apps

Jika posisi kamu berada jauh dari komputer atau perangkat kamu yang lain dan ingin mengakses data iCloud, kamu bisa buka iCloud.com dan masuk menggunakan ID Apple atau iTunes kamu. Di situs tersebut kamu bisa menggunakan Mail, Contact, Notes, Calender, Find My iPhone, Pages, Reminders, Keynote dan Numbers.

Untuk menggunakan iCloud.com, kamu memerlukan komputer Mac yang menjalankan OS X 10.7.2 atau versi lebih tinggi. Atau jka kamu menggunakan komputer Windows Vista, 7 atau yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakannya melalui iCloud Control Panel yang sudah diinstal sebelumnya dan bisa login menggunakan akun iCloud.

Automatic Downloads

iCloud menyediakan fitur ini untuk pengguna agar bisa membeli konten atau aplikasi di iTunes Store, App Store, dan iBookstore. Bisa diunduh secara otomatis ke semua perangkat setelah melakukan pembelian. Jadi, tidak perlu lagi memindahkan file yang di download dari satu perangkat ke perangkat yang lain, karena sudah tersinkron.

Apple Pay

Aplikasi Wallet dari Apple (sebelumnya bernama Passbook yang ditawarkan untuk iOS versi lama) bisa dikelola di dalam iCloud pada gadget atau komputer yang terhubung. Kamu juga bisa menyinkronkan kartu kredit atau kartu debit kamu atau menghapus semua opsi pembayaran untuk menonaktifkan Apple Pay pada perangkat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *