Panduan Umum Cara Beralih dari iOS ke Android

Sepintas iPhone tidak lebih dari sebuah ponsel pintar. Namun, baru-baru ini, untuk mendapatkan sebuah ponsel pintar, iPhone terbaru, kamu butuh mengeluarkan uang lebih dari 10 juta rupiah untuk menikmati fitur-fitur istimewa yang ada pada ponsel Apple. Selain itu kamu juga akan mendapat jack headphone yang bagus. Memang sekarang iPhone tidak sesulit dulu untuk didapatkan. Tapi belum tentu iPhone sesuai dengan fitur-fitur yang kamu butuhkan.

Sementara Android yang sekarang, sebuah sistem kecil nan gagah yang dikembangkan oleh Google, sebenarnya sudah dirilis lama sejak dipasarkannya ponsel Motorola Droid. Dimana dulu Android belum terlalu dikenal. Tapi sekarang Android merupakan OS untuk ponsel genggam yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Menawarkan berbagai aplikasi canggih dan gratis dengan model hape yang keren, murah, dan tentunya trendi.

Beralih dari iPhone ke Android

Tentu disini kita tidak perlu membahas manfaat Android, karena kamu mungkin sudah sering mendengarkannya dari orang-orang disekitar kamu, atau kamu juga pemakai hape Android. Atau mungkin kamu penguna setia iPhone yang berbasis iOS dan mempertimbangkan untuk beralih dari iOS ke Android. Perlu kamu ketahui bahwa Apple mengekang kamu ke dalam lingkaran teknologi yang terbatas dan sangat ketat. Sementara setelah kamu mencoba hape Android, aktivitas sehari-hari sedikit berbeda dari yang yang kamu rasakan ketika menggunakan iPhone. Salah satunya kamu boleh menginstal aplikasi manapun yang kamu mau, mengelola file dengan cara apa pun yang kamu mau dan mungkin bisa lebih hemat untuk pengeluaran penggunaan telepon genggam.

Tapi ketahuilah, bahwa panduan ini hanyalah panduan umum. Dan tidak akan memandu kamu untuk melewati langkah-langkah yang lebih detail. Tapi kamu boleh berkomentar juka kamu mengetahui fitur tertentu mengenai cara beralih dari iOS ke Android. Tim kami akan meninjau dan membagikan panduan atau saran kamu di situs ini.

Memilih Smartphone

Yang pertama dan yang paling membingungkan ketika inginberalih dari iOS ke Android adalah memilih smartphone Android yang baru. Sementara untuk memilih hape iPhone pada umumnya cukup sederhana. Yaitu peluncuran produk iPhone terbaru biasanya cukup hanya satu seri saja, dan terbagi dalam dua model, yakni iPhone berlayar kecil dan besar. Biasanya Apple masih mengeluarkan jenis iPhone yang sudah dipasarkan dua tahun. Hingga saat ini, produk iPhone terbaru adalah iPhone X. Tapi walaupun iPhone tiap tahun meluncurkan produk terbarunya,  tetap saja pilihannya masih terbatas.

Jauh berbeda halnya dengan hape Android. Kamu bisa bingung dengan ratusan model hape Android yang dipajang di toko ponsel ataupun di toko online. Lagi, walaupun kamu terbatas untuk mencari smartphone Android ke toko-toko handphone tertentu di kota kamu, keluaran hape Android yang sudah beredar selama dua tahun pun masih ada sekitar puluhan pilihan yang masih layak buat kamu.

Cara Memilih Hape Android

Tak terhitung jumlah hape Android terbaru yang dirilis terus-menerus sepanjang tahun. Jadi tidak mungkin kami mendaftar semuanya di sini untuk membuat rekomendasi kepada pembaca. Mungkin kamu bisa meninjau dari situs-situs lain, atau juga ke halaman kategori gadget Wongunik. Berbagai panduan memilih hape Android akan sangat membantu kamu untuk memilih fitur yang tepat untuk keperluan sehari-hari kamu.

Sebelum kamu memilih smartphone Android, kamu seharusnya daftar apa saja yang kamu butuhkan dalam menggunakan telepon genggam. Jika kamu hanya butuh aplikasi jejaring sosial dan email, kamu bisa memilih hape Android yang agak murah. Lain halnya jika kamu membutuhkan ponsel untuk pemutaran musik dan video. Tentu memilih ponsel pintar yang memiliki layar besar merupakan pilihan yang cerdas. Selain itu, pertimbangkan juga kualitas speaker nya dan seberapa besar kapasitas penyimpanan microSD nya. Jika kamu menggunakan ponsel Android terutama untuk bermain game, seharusnya kamu memilih ponsel dengan spesifikasi tinggi dan memiliki cashing yang kuat.

Secara pribadi, saya bisa menyimpulkan bahwa dalam satu sisi iPhone lebih bagus daripada ponsel Android, yaitu kualitas kamera. Nah, jika kamu menginginkan smartphone dengan kualitas kamera yang sangat bagus, mungkin kamu harus membeli ponsel Android unggulan yang harganya sama dengan iPhone. Oleh karena itu, pertimbangkan pilihan kamu yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu.

Bagaimana dengan Ponsel yang Lama?

Kabar baik mengenai cara mentransfer file dari ponsel lama bahwa untuk memindahkannya ke ponsel yang baru tidaklah terlalu lama seperti yang diperkirakan oleh banyak orang. Jika kamu sudah menggunakan iPhone dalam jangka waktuyang cukup lama, bisa jadi kamu sudah mengumpulkan banyak kontak, foto, musik, aplikasi, dan file-file yang lain. Semua file tersebut disinkronkan dengan akun iCloud kmau, dan akun iCloud kamu tidak akan lenyap hanya karena kamu beralih ke ponsel Android.

Sebenarnya kamu juga bisa mencadangkan file-file kamu melalui iTunes secara manual. Tapi jauh lebih mudah menggunakan iCloud. Juga, semua produk digital yang kamu beli melalui iTunes adalah milik kamu. Jadi kamu bisa menyimpannya atau menggunakannya sesuka kamu.

Sebelum kamu beralih dari iPhone ke Android, yang paling penting adalah membackup iPhone kamu secara keseluruhan, lalu setel ulang pabrik (factory reset) untuk melindungi keamanan kamu. Apple memberikan panduan yang rinci tentang cara melakukan backup di iPhone. Tapi dasar-dasarnya adalah sebagai berikut;

Cara backup dan reset iphone

Sambungkan iPhone kamu ke jaringan Wi-Fi, buka Pengaturan dan ketuk nama kmau. Ketuk iCloud, dan pastikan bahwa backup iCloud diaktifkan. Kemudian, ketuk Back Up Now (Cadangkan Sekarang), dan tunggu prosesnya selesai. Proses backup tersebut mungkin memakan waktu cukup lama, tergantung pada banyaknya jumlah file kamu.

Setelah proses pencadangan selesai, login ke iCloud pada komputer, hanya untuk memastikan apakah semua file kamu sudah berhasil dipindahkan.

Kemudian, kamu boleh menghapus storage iPhone kamu sampai bersih. Apple juga memiliki panduan untuk menghapus data kamu di iPhone. Pastikan juga untuk mematikan fitur Find My iPhone terlebih dahulu. Jika tidak dinonaktifkan, pengguna berikutnya tidak akan bisa mengatur iPhone tersebut karena masih harus login menggunakan alamat email kamu terlebih dahulu.

Buka Settings, General dan Reset. Masukkan kata sandi akun Apple kamu dan ikuti instruksinya di layar. Nah,  dengan demikian kamu sudah bebas dari kekangan ekosistem teknologi Apple. Sekarang kamu bisa menjual iPhone lama kamu ke toko jual-beli hape. Atau mungkin kamu mau menghibahkannya untuk teman, saudara, atau untuk saya. He he he…! Ada juga toko hape yang menawarkan trade-in deal (tukar tambah). Beraih dari iOS ke Android dengan menukar tambah iPhone kamu dengan hape merek yang kamu inginkan tentu bisa menghemat pengeluaran kamu. Atau bisa juga tunggu iPhone kamu berhasil kamu jual sendiri dengan harga yang kamu patokkan, lalu setelahnya membeli hape Android yang baru. Jika iPhone kamu sudah tua atau kondisinya sudah buruk, kamu boleh menghibahkannya. Hampir semua mesjid memiliki kotak amal, atau di tempat penampungan tunawisma, anak yatim (piatu), dll. Menghibahkan posel lama kamu juga merupakan hal yang mulia yang patut dipuji, dan juga mendapatkan pahala.

Mentransfer Daftar Kontak

Karena file-file kamu tadi dicadangkan di akun iCloud kamu, kamu tidak perlu terburu-buru untuk mentransfer semua file tersebut ke ponsel Android baru kamu. Salah satu yang terpenting yang kamu perlukan adalah daftar kontak kamu, juga sangat mudah untuk diunggah ke ponsel Android.

Pertama, aktifkan dan jalankan ponsel Android kamu. Kemudian masuk ke akun iCloud kamu melalui komputer dan buka bagian Contacts. Pilih nomor-nomor telepon yang ingin kamu simpan, atau cukup pilih “select all” dan klik ikon roda gigi untuk membuka menu Settings. Klik Export vCard, lalu simpan file tersebut di komputer kamu.

Masukkan vCard tersebut ke ponsel Android kamu dengan cara apa pun yang aman. Lalu buka aplikasi kontak kamu. (Cara ini sedikit berbeda, tergantung pada bawaan smartphone Android kamu). Tentunya ada opsi Import/Export di menu Pengaturan smartphone Android kamu. Ketuk menu tersebut lalu navigasikan ke file vCard yang ada di komputer kamu. Android kamu akan memuat semua kontak iOS kamudalam hitungan menit.

Mentransfer Foto, Musik dan Video

Kamu bisa mentransfer berbagai hal dari iOS ke Android jika kamu mau sedikit berusaha. Mulai dari SMS-SMS hingga kalender janji. Namun, karena pesan teks dan kalender janji merupakan hal yang bersifat sementara, mungkin tidak masalah jika kamu harus memulainya dari awal. Tentu yang lebih penting adalah memindahkan video, musik, dan foto-foto kamu dari iCloud ke handphone Android baru kamu.

Untungnya Google menyediakan aplikasi bernama Music Manager, yang membantu mengubah koleksi iTunes menjadi format yang lebih kompatibel dengan Google (ramah Google). Unduh program Music Manager dari Play Store, buka folder musik iTunes kamu, lalu seret dan lepaskan mulai dari yang pertama dan yang terakhir.

Google Play Music adalah Music Manager untuk Android

Tunggu sesaat untuk pensinkronisasian selesai. Nah, setelah itu kamu sudah bisa mengakses musik kamu dari aplikasi Google Play Music atau cukup seret dan lepaskan file MP3 yang baru dikonversi ke ponsel Android tersebut jika kamu tidak suka streaming.

Sementara untuk memindahkan file video dari iOS ke Android lebih mudah berkat aplikasi Film Anywhere. Jadi, apa pun yang kamu beli dari iTunes, seharusnya sudah bisa diakses melalui Google Play Movies dan TV Store. Akan tetapi, lain ceritanya dengan TV shows. Sayangnya, TV shows terjebak di iTunes kamu, karena belum ada cara untuk memindahkannya ke Android.

Sedangkan mentransfer foto dari iOS ke Android sangat mirip dengan cara mentransfer musik tadi. Cukup masuk ke akun iCloud kamu, lalu unduh koleksi foto-foto kamu ke komputer. Kemudian kunjungi situs web Google Photos, klik unggah dan biarkan situs tersebut menanganinya. Sekarang, kamu bisa mengakses semua foto kamu melalui Google Cloud. Kamu juga bisa menyetel ponsel Android baru kamu untuk mengunggah semua yang ada di akun Google Photos kamu secara otomatis.

Aplikasi, Permainan, dan Langganan Berbayar

Hampir semua aplikasi yang kamu gunakan di iOS juga tersedia pada Android. Tapi belum ada cara yang mudah untuk mentransfer semuanya ke Android. Sebagai alternatif, kamu bisa membuat daftar aplikasi yang kamu gunakan setiap hari sebelum kmau menghapus data ponsel iPhone kamu. Atau memeriksa aplikasi-aplikasi yang kamu unduh di iCloud. Kemudian, unduh satu per satu ke Android baru kamu. Ini memang butuh perjuangan, tapi apa boleh buat, karena masi itulah cara satu-satunya.

Aplikasi Resmi Google untuk Android

Perlu diingat bahwa sebagian besar apps yang kamu beli langganan berbayarnya di iOS kamu harus membeli nya kembali. Sementara banyak aplikasi gratis iOS yang juga tidak perlu membayar di Android. Untuk permainan, secara khusus merupakan hal yang belum jelas bagaimana memindahkannya dari iOS ke Android. Tapi hampir semua jenis permainan yang berlaku untuk multi-platform atau berbasis server, contohnya ada versi iOS dan anda versi Android nya, jika kamu sebelumnya mendaftar permainan-permainan tersebut menggunakan akun Facebook atau nomor telepon kamu di Iphone, kamu pasti bisa memainkannya di Android. Tapi biasanya setiap transaksi mikro atau mata uang game tidak bisa dipindahkan antar OS. Tugas

Aktivitas Sehari-hari

Beralih dari Hape iPhone ke Hape AndroidJika kamu belum terbiasa menggunakan Android sebelumnya, belajar cara melakukan aktivitas sehari-hari pada Android cukup mudah. Ada banyak shortcut (jalan pintas) dan tips Android untuk mendukung produktivitas kamu sehari-hari. Biasanya hampir semua jenis-jenis aktivitas menggunakan smartphone didukung oleh berbagai aplikasi dan sangat banyak jumlahnya di Play Store Google. Kamu cukup melihat apps mana saja yang paling sesuai untuk kamu.

Secara umum orang-orang sekarang hampir semua menggunakan iPhone atau Android yang mendukung aplikasi SMS chattingan gratis yang sama seperti Whatsapp, Line, BBM, dll. Menggunakan apps tersebut jauh lebih baik ketimbang menggunakan layanan SMS dari operator SIM yang dikenai biaya per SMS. Bahkan aplikasi-aplikasi chattingan sekarang sudah mendukung panggilan yang menggunakan koneksi internet tanpa harus menyedot pulsa.

Google Drive merupakan penyimpanan cloud kamu di Android, dan ada juga Docs untuk pengolah teks dan Sheets untuk mengolah data yang mirip dengan Excel. Google Photos, Play Music, Play Movies pada Android berfungsi persis seperti namanya. Sementara Duo adalah fitur app bawaan Android dari Google untuk melakukan panggilan video (VC). Keindahan Android adalah; jika kamu tidak menyukai aplikasi-aplikasi resmi dari Android tersebut, kmau diperbolehkan mengunduh apps lain dari Google Play Store yang sebagian besar dibuat oleh pihak ketiga.

Hal lain yang disarankan adalah fitur file manager. Beberapa ponsel Android hadir dengan aplikasi file manager seperti Moto File Manger. Tapi jika produk ponsel Android baru kamu tidak mendukung Moto File Manager, alternatif terbaik kamu bisa menggunakan Astro atau ES yang bisa kamu instal secara cuma-cuma dari Play Store.

Secara umum Android mendukung DIY (Do it Yourself) dan edukatif lebih sedikit ketimbang iOS. Jadi cara terbaik untuk belajar mengenai sistem Android adalah dengan meluangkan waktu untuk terbiasa menggunakan ponsel kamu. Cepat atau lambat kamu pasti akan segera melupakan semua batasan-batasan yang dibuat iOS kamu sebelumnya dan bandrol-bandrol harga dari pernak-pernik iPhone yang menggoda isi dompet kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *