10 Jenis Batu Permata Termahal dan Langka di Dunia

Jenis batu permata termahal dan langka di dunia.

Batu permata adalah benda alami yang paling indah di dunia. Orang-orang di seluruh dunia mengagumi batu permata termahal dan langka sepanjang sejarah karena berbagai alasan. Batu permata umumnya digunakan sebagai ornamen dekoratif, ada juga yang dikenal karena dijadikan sebagai simbolisme agama. Batu permata indah dan langka selalu dihargai mahal karena kekuatan penyembuhannya juga. Baik itu batu berlian, rubi atau safir, semua batu permata memiliki keindahan unik dengan cirinya masing-masing. Keunikan tiap batu permata membuatnya jadi istimewa dengan keindahanya. Akan tetapi faktanya adalah bahwa ada beberapa batu permata yang sangat langka. Selain keindahannya, faktor kelangkaan tersebutlah yang secara signifikan mempengaruhi nilai harga jualnya. Sementara faktir penting lainnya termasuk ukuran, mutu dan warna. Berikut adalah daftar 10 batu permata termahal di dunia.

10 Batu Permata Termahal di Dunia

Batu permata yang ada di daftar tergolong mahal karena harganya per karat paling mahal.

1. Tanzanite — $1.200 Per Karat

Batu permata Tanzanite pertama kali ditemukan pada tahun 1967. Seperti namanya, Tanzanite, hanya ditemukan di Tanzania utara, di kaki Gunung Kilimanjaro. Tanzanite menjadi terkenal setelah perusahaan Tiffany and Co. mulai menggunakan permata indah ini dalam perhiasan yang mereka jual. Batu permata ini memiliki rona biru-ungu tua yang mirip salah satu batu safir. Sementara, harga $1.200 per karat mungkin tidak semahal harga batu permata lain yang ada di daftar ini. Tapi pasar mengharapkan dan memprediksi harganya mungkin akan meroket dalam 20-25 tahun ke depan. Hal tersebut diprediksi karena berkurangnya pasokan batu tanzanite.

2. Black Opal — $9.500 Per Karat

Loading...

Black opal adalah jenis batu opal yang paling sidukai dan berharga di dunia. Ciri batu permata ini berwarna gelap dengan warna background yang sempurna dengan corak yang luar biasa. Black opal pertama kali ditemukan di daerah Lightning Ridge, New South Wales. Batu permata ini dianggap sebagai salah satu harta nasional Australia. Royal One adalah opal hitam yang paling berharga di dunia, dihargai senilai $3 juta. Batu permata yang sulit dipahami tersebut memiliki berat 306 karat. Bahkan, penambang permata tersebut tidak pernah berniat menjual ke siapapun selama 14 tahun dan setelahnya memutuskan untuk menjual.

3. Beryl Merah — $10.000 Per Karat

Batu permata Beryl Merah ditemukan di wilayah Utah, New Mexico dan Meksiko, hanya yang ditambang secara khusus di Pegunungan Wah Wah di Utah yang memiliki kualitas permata berharga. Karena warnanya lebih indah memikat, berbeda dari warna Beryl Merah dari daerah lain. Varietas ini adalah salah satu yang paling langka dalam kategori beryl, yang juga merupakan golongan batu zamrud. Dengan demikian, beryl merah disebut juga sebagai “zamrud merah” oleh para kolektor. Mirip dengan zamrud, permata beryl merah juga sering ada terdapat inklusi dan patah tulang. Harga untuk batu permata ini tidak biasa, bisa mencapai hingga $10.000 per karat karena sakin langkanya.

4. Musgravit — $35.000 Per Karat

Musgravite adalah batu permata yang pertama kali ditemukan di Australia pada tahun 1967. Namanya berasal dari wilayah Musgrave di mana batu itu ditemukan. Pada tahun 2005, hanya ada delapan batu musgravit berkualitas yang pernah ditambang. Hal tersebut menunjukkan betapa langkanya batu permata ini. Hanya segelintir yang pernah ditemukan. Warna batu musgravis rada-rada hijau zaitun tembus ke ungu keabu-abuan. Karena kelangkaannya, sulit untuk memberi label harga pada batu permata ini. Meskipun begitu, para ahli menilainya sekitar $35.000 Per Karat.

5. Alexandrite — $70.000 Per Karat

Alexandrite adalah batu permata langka yang bisa berubah warna. Perubahan warna batu permata ini tidak hanya membuatnya jadi cantik luar biasa tetapi harganya juga luar biasa mahalnya. Meskipun pertama kali ditemukan di Rusia pada tahun 1833, ternyata juga telah ditemukan ditambang di Sri Lanka, Tanzania dan India. Menariknya, batu Alexandrite rata-rata ditemukan dalam ukuran lebih kecil dari satu karat. Jadi, jika batu permata cantik ini ditemukan lebih besar ukurannya, nilai harganya juga naik drastis. Sebagai contoh, batu permata terlangka ini dapat seharga $15.000 untuk satu karat, tetapi bisa juga sampai $70.000 per karat jika ukuran batunya lebih besar. The Smithsonian Institute memiliki batu Alexandrite faceted terbesar di dunia, sebuah batu Alexandrite seberat 65,08 karat dengan nilai harga lebih dari $4 juta.

6. Zamrud — $305.000 Per Karat

Zamrud adalah salah satu jenis batu permata termahal dan terlangka juga terkenal di dunia. Batu permata ini dikenal karena warna hijaunya eksotis. Banyak diitemukan di empat negara: Brasil, Kolombia, Zimbabwe dan Zambia. Kebanyakan zamrud yang dijual di pasar memiliki sedikit ketidaksempurnaan. Dengan demikian, jika batu zamrud alami tanpa cacat, harganya jauh lebih fantastis mahalnya. Saat Christie mengumumkan bahwa batu “Rockefeller Emerald” yang bersejarah akan dilelang, para ahli membuat kesimpulan bahwa itu akan memecahkan rekor baru. Batu permata 18,04 karat tersebut dibeli oleh John D. Rockefeller untuk diberikan kepada istrinya. Kemudian, batu tersebut diwariskan kepada putra mereka dan kemudian dijual secara pribadi. Saat dilelang Christie, bat utersebut dibeli seharga $5,5 juta, atau $305.000 per karat. Hal tersebut menjadi sejarah permata zamrud paling mahal yang pernah dijual di dunia.

7. Ruby — $1,18 Juta Per Karat

Umumnya batu Ruby disebut sebagai “King of Gemstones”. Salah satu batu permata terlangka yang menampilkan spektrum warna merah cerah. Mulai dari merah muda sampai merah gelap. Permata ruby adalah simbol gairah dan semangat hidup. Makna tersebut telah diturunkan melalui budaya kuno yang percaya bahwa warna ruby mewakili darah. Pada 2015, rubi Burma yang sangat langka dilelang di sebuah acara Sotheby di Jenewa dengan harga lebih dari $30 juta. Permata Ruby 26 karat yang dilelang tersebut dinamai “The Sunrise Ruby” setelah sebuah puisi oleh penyair legendaris di abad ke-13 Rumi, dijual dengan harga $ 1,18 juta per karat. Harga tersebut adalah angka yang sangat mengejutkan dan sekaligus membuatnya menjadi ruby ​​termahal yang pernah dijual.

8. Berlian Pink — $1,19 Juta Per Karat

Memang semua berlian berwarna termasuk batu permata terlangka, salah satunya adalah berlian merah muda atau berlian pink, yang bisa dibilang paling langka dari semua jenis berlian. Dalam produksi berlian tahunan di seluruh dunia, produksi berlian pink kurang dari 0,1% dari total keseluruhan. Saat berlian merah muda berhasil dilelang, biasanya selalu menyentuh harga $1 juta per karat. Pada 2017, berlian pink yang menakjubkan dengan berat 59,60 karat dijual di lelang Sotheby di Hong Kong dengan harga $71,2 juta. Berarti harganya $1,19 juta per karat. Dikenal sebagai berlian “Pink Star”, sebuah berlian Fancy Vivid Pink terbesar yang pernah dinilai sebagai Internal Flawless (tanpa cacat internal) oleh Gemological Institute of America.

9. Jadeite — $3 Juta Per Karat

Jadeite adalah salah satu batu permata termahal dan langka yang paling murni dan tergolong dalam jenis batu Jade. Meskipun ada dalam berbagai warna termasuk merah, kuning dan hitam, yang warna hijau lah yang paling umum. Warna hijau zamrud semi transparan yang dikenal sebagai “Imperial Jade” adalah warna Jadeite yang paling dicari di dunia. Batu permata Jadeite memainkan peran yang sangat penting dalam budaya Tiongkok, karena melambangkan wibawa dan status. Pada tahun 2014, semua orang kagum atas kalung batu giok yang pernah menjadi milik orang Amerika yang dahulu terkenal bernama Barbara Hutton, yang memecahkan rekor perhiasan Jadeite termahal yang pernah dijual. Nama kalung tersebut adalah Hutton-Midivani Necklace, yang terdiri dari 27 manik-manik batu giok besar bermutu tinggi. Setelah dua puluh menit penawaran intens dari delapan calon pembeli, kalung jadeite tersebut terjual seharga $27,44 juta kepada Cartier, perancang asli kalung tersebut.

10. Berlian Biru — $3,93 Juta Per Karat

Pada urutan pertama dari daftar batu permata termahal dan terlangka ini adalah permata paling legendaris di dunia, yaitu berlian biru atau disebut juga dengan blue diamond. Terkait kelangkaannya, kapan saja informasi berlian biru muncul sebelum pelelangan, para kolektor top dunia berbaris untuk mendapatkan kesempatan memiliki permata berlian biru. Mereka rela menghabiskan jutaan dolar untuk mewujudkan impian mereka. Hal tersebut tentunya terjadi pada tahun 2016 ketika berlian Vivid Blue yang dipotong seperti potongan permata zamrud umumnya dengan berat 14,62 karat hadir di lelang Magnificent Jewels milik Christie di Jenewa. Berlian dengan nama “The Oppenheimer Blue” untuk menghormati pemilik sebelumnya, dijual dengan harga akhir senilai $57,5 ​​juta. Sementara berlian Pink Star memecahkan rekor untuk permata paling mahal yang pernah dijual, dan berlian biru memegang rekor untuk batu permata paling berharga menurut nilai per karat senilai $3,93 juta.

Kesimpulan

Itulah tadi daftar 10 batu permata termahal dan langka di dunia. Seandainya kamu harus memilih salah satunya, batu permata mana yang akan kamu pilih? Penting untuk diingat bahwa meskipun batu-batu permata tersebut adalah yang paling mahal, tidak berarti selalu jadi yang paling istimewa. Misalnya, mutiara adalah satu-satunya batu permata yang berasal dari makhluk hidup. Kalung mutiara juga salah satu perhiasan yang paling klasik yang sampai saat ini selalu menjadi sempurna dipakai dengan pakaian apa pun.

Kemudian, permata pirus (turquoises, mirip batu akik bacan) mungkin tidak selangka permata beryl merah. Akan tetapi keindahannya sangat unik dan merupakan satu-satunya permata dengan corat seperti permata pirus. Selain itu, walaupun permata topaz bukan batu permata yang paling mahal, ragam warnanya yang unik dmenjadi sangat istimewa untuk dijadikan perhiasan. Batu apa pun yang menjadi pilihan kamu, bisa menjadi hal yang spesial untuk kamu pakai sebagai perhiasan kalung atau cincin emas asli kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *