ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Arti Realistis dan Prebedaannya dengan Idealis

Halo sobat, perlu kita ketahui perbedaan realistis dan idealis. Pada postingan kali ini kita akan membahas apa arti realistis dan apa perbedaan realistis dengan idealis. Tanpa disadari, banyak di antara kita yang termasuk ke orang yang menganut paham realistis atau idealis. Jika kita mengerti arti keduanya, kita akan tau bahwa paham realistis dan idealis itu sangat bertolak belakang. Baiklah, tanpa banyak baswa-basi lagi, mari simak pembahasannya.

Mungkin banyak diantara kita merasa diri adalah seorang yang bersifat realistis? Realistis adalah sifat pemikiran dengan prinsip yang memiliki perencanaan untuk di hari depan. Sifat tersebut sudah barang tentu sangat berbeda dengan sifat yang idealis.

Kecenderungan orang yang pemikirannya bersifat realistis tidak terlalu bersikeras agar suatu keadaan bisa sesuai dengan yang diinginkannya. Akan tetapi, lebih cenderung untuk mencari tau kemampuan maksimal yang bisa dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya, kalau hanya mampu menggotong satu karung pasir untuk memindahkannya ke suatu tempat dengan jarak 30 meter yah jangan dipaksakan untuk menggotong dua karung pasir sekaligus.

Mari kita lihat penjelasan lain mengenai arti realistis agar lebih jelas lagi.

Arti Realistis

Dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan optimisme dan rasa percaya diri sangatlah dibutuhkan. Akan tetapi, di samping itu semua, kita juga butuh berpikiran realistis terhadap situasi dan kondisi atau realita yang kita hadapi.

Loading...

Jadi, apa arti realistis?

Seperti yang dipublikasikan oleh media Bahai Teachings, pengertian realistis adalah sifat pemikiran atau pemahaman yang masuk akal mengenai kenyataan dalam situasi dan mengerti apa yang  bisa dicapai apa yang tidak mampu dicapai. Selain itu, Realistis juga berpikiran mengenai gagasan yang bisa direalisasikan dan yang paling mendekati kenyataan mengenai kehidupan.

Perbedaan Realistis dan Idealis

Nah, jika sobat sudah mengetahui arti realistis, sekarang mari kita simak perbedaan realistis dan idealis. Arti idealis adalah orang yang memiliki sifat pemikiran yang memandang suatu hal dengan ukuran yang menurutnya sempurna atau ideal. Berbeda dengan realistis yang pandangannya lebih ke situasi dan kondisi yang lebih nyata atau realita.

Di samping itu, realistis lebih mengaitkan fakta bahwa kenyataan sepenuhnya berbeda dari angan-angan, gagasan, atau bahkan dari apa yang dia sadari.

Dengan demikian, sebagian besar orang yang berfikiran realistis tidak memaksakan kehendaknya, sedangkan orang yang idealis lebih cenderung terlalu optimis dan memaksakan cita-citanya walaupun situasi dan kondisinya tidak mendukung.

Nah, itulah tadi arti realistis dan perbedaannya dengan idealis. Namun, bukan barang tentu orang yang berfikiran realistis lebih bagus dari orang yang berfikiran idealis. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dijabarkan satu-persatu, tentu akan sangat panjang artikel ini.

Oke sobat, dilain kesempatan akan kita bahas juga mengenai idealis beserta hal-hal positif dan negatif dari sifat realistis dan idealis. Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, dan terimakasih sudah membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *