10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Ponsel Android

Aplikasi perekam suara terbaik untuk Android.

Salah satu kemampuan Android yang sangat penting adalah merekam suara. Tentu setiap pengguna punya alasan tersendiri dalam merekam suara. Misalnya musisi yang ingin merekam ide lirik lagu baru atau permainan musiknya, wartawan yang perlu merekam sesi wawancara, dan sebagainya. Bahkan ada yang penasaran untuk mengetahui apakah mereka ngigau saat sedang tidur. ๐Ÿ˜€ Jika zaman dulu harus membeli alat perekam suara, sekarang tidak perlu lagi jika kamu menggunakan ponsel Android. Bahkan kualitas rekamannya pun jauh lebih baik dibandingkan alat perekam suara zaman dulu. Tapi agar fitur dan pengaturan rekam suara yang lebih praktis dan lebih berkualitas, kamu butuh aplikasi perekam suara terbaik dari pengembang pihak ketiga.

Di bawah ini adalah daftar aplikasi perekam suara terbaik untuk Android! Dan diantaranya ada juga merupakan aplikasi note yang juga dilengkapi dengan fitur perekam suara. Langsung saja kita bahas secara singkat satu per satu.

1. Music Maker Jam

Aplikasi perekam suara khusus musisi yang ingin produksi musik di hp Android.

Jika kamu adalah pecinta musik dan sekaligus musisi, Music Maker Jam adalah aplikasi rekaman terbaik yang cocok untuk kamu. Bagus untuk merekam lirik, musik, atau hanya sekedar merekam ssuara. Aplikasi ini cocok untuk merekam lagu menggunaan Android, termasuk editor audio untuk menyempurnakan produksi musik yang kamu buat Dilengkapi juga dengan alat tambahan untuk menggabungkan hasil rekaman atau file audio. Ada pembelian dalam aplikasi untuk fitur-fitur premium. Juga bisa integrasi langsung dengan SoundCloud, Facebook dan sebagian besar media sosial lainnya. Aplikasi ini terlalu berlebihan jika kamu hanya perlu mencatat dan merekam sesi kuliah di kampus. Tapi jika kamu juga adalah seorang musisi, kamu harus mencoba aplikasi perekam suara ini.

2. Voice Recorder Pro

Perekam suara yang banyak fitur tapi tetap sederhana.

Loading...

Aplikasi perekam suara Voice Recorder Pro berfitur lengkap tapi tetap sederhana. Kamu bisa merekam dalam PCM (Wave), AAC dan AMR yang memberikan kamu berbagai pilihan file audio. Selain itu, tampilannya enak dilihat dan mudah digunakan. File hasil rekaman mudah ditemukan dan dikelola. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam panggilan telepon (jika hp dan versi Android kamu mendukung). Dilengkapi juga dengan fitur lain seperti opsi bitrate dan masih banyak lagi.

3. Call Recorder

Aplikasi perekam ssuara yang bisa merekam panggilan masuk telepon.

Call Recorder adalah salah satu aplikasi perekam suara terbaik yang banyak digunakan pengguna Android. Selain untuk merekam suara di sekitar kamu, juga dapat merekam panggilan telepon yang masuk. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur rekaman panggilan masuk dan keluar, opsi pemutaran hasil rekaman, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat membuat ponsel kamu jadi mikrofon, panggilan suara dan kamera video. Versi gratis berisi iklan sementara jika kamu ingin iklannya tidak ada, kamu butuh upgrade ke versi pro. Disamping itu, versi gratis dan pro Call Recorder kurang lebih sama saja.

4. Snipback

Aplikasi perekam suara yang bisa merekam suara mulai dari 5 menit sebelum menekan tombol rekam.

Snipback adalah jenis aplikasi perekam suara yang berbeda dari perekam suara lainnya yang ada di daftar ini. Memang standar perekam suaranya kurang lebih sama dengan yang lain. Tapi dengan Snipback, kamu bisa mengunggah hasil rekaman jika perlu dan mengelola file audio kamu di servernya. Juga dilengkapi dengan fitur pilihan kualitas audio, pilihan durasi perekaman suara dan filter pengurangan noise (gangguan). Yang membuat aplikasi ini unik adalah kemampuannya dalam menangkap kembali suara hingga 5 menit sebelum kamu mulai menekan tombol record nya. Satu-satunya yang jadi pertimbangan adalah, kamu harus membiarkan aplikasi ini tetap berjalan di background. Hal tersebut mengkonsumsi baterai Android, tapi masih cukup rapi dan tidak nakal seperti program background malware. Jadi, jika hp kamu menggunakan aplikasi penghemat baterai Android, Snipback kurang cocok untuk kamu.

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Aplikasi perekam suara Android dengan hasil rekaman berbentuk file MP3.

Hi-Q merupakan aplikasi perekam suara yang powerful. Aplikasi ini merekam dengan hasil audio berbentuk file MP3. Dengan demikian, hasil rekaman suara jadi kompatibel dengan berbagai perangkat dan aplikasi pemutar lagu atau audio. Selain itu, pengguna dapat upload ke Dropbox secara otomatis setelah selesai merekam suara. Dilengkapi juga dengan dukungan widget, kemampuan untuk memilih mic mana di perangkat kamu yang ingin kamu gunakan (andai kata kamu memiliki lebih dari satu mic terkoneksi), dukungan untuk transfer via Wi-Fi, kontrol gain, dan berbagai fitur yang lain dan tentu berguna untuk merekam suara. Versi berbayar-nya dilengkapi dengan fitur-fitur premium yang tidak bisa kamu gunakan di versi gratis nya. Satu-satunya kekurangan aplikasi perekam suara ini adalah tidak mendukung rekaman panggilan telepon.

6. LectureNotes

Aplikasi catatan yang bias nulis seperti tulisan tangan.

LectureNotes adalah aplikasi perekam terbaik terbaik untuk pelajar, khususnya mahasiswa. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat catatan, mengatur catatan yang dibuat dan menggunakannya nanti untuk pekerjaan rumah. Versi gratis-nya tidak bisa digunakan untuk merekam suara. Tapi harus membeli plugin perekam suara seharga $1,99 agar bisa menambahkan fungsi untuk merekam suara ke LectureNotes. Kamu bisa membelinya memakai pulsa kamu via Google Play. Selain itu, kamu juga bisa merekam suara sembari menggunakan aplikasi LectureNotes untuk mencatat. Merupakan kombinasi fitur multitasking yang bagus untuk pelajar, trutama saat kuliah. Khusus untuk pelajar, aplikasi ini sangat bermanfaat untuk digunakan sehari-hari.

7. Otter Voice Notes

Otter Voice Notes adalah perekam suara untuk para profesional. Sebagian besar fiturnya dirancang untuk pertemuan bisnis dan hal-hal lain yang lebih serius. Misalnya merekam, berbagi ke media sosial dan pemutaran hasil rekaman. Ada juga layanan transkripsi, penyimpanan cloud, dukungan lintas platform dan bahkan mendukung hal-hal yang berkaitan dengan foto. Versi gratis hanya mendukung 600 menit transkripsi per bulan. Sedangkan jika kmau berlangganan premium, kamu bisa dapat lebih dari 6.000 menit. Bagus juga untuk kuliah dan mahasiswa yang berlangganan mendapat diskon hingga $2,99 per bulan jika. Aplikasi perekam suara ini sangat bagus, tetapi kamu mungkin tertarik berlangganan jika kamu benar-benar membutuhkan penyimpanan cloud, transkripsi dan hal-hal yang lebih serius dalam urusan bisnis.

8. Easy Voice Recorder

Aplikasi perekam suara Android yang mudah digunakan.

Sama seperti namanya, Easy Voice Recorder, aplikasi perekam suara ini dapat dengan mudah merekam suara hanya dengan beberapa klik saja. Sekaligus menjadi cara mudah untuk merekam berbagai hal menggunakan Android kamu. Cukup membuka aplikasi, menekan tombol mic, mulai merekam suara, share ke medsos jika dibutuhkan, kemudian tutup aplikasinya. Easy Voice Recorder juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti kemampuan untuk mengubah jenis file audio hassil rekaman. Juga mendukung widget. Versi pro nya mencakup fitur perekaman stereo, dukungan mikrofon Bluetooth, dan masih banyak lagi. Versi pro juga menghapus iklan yang muncul pada versi gratisnya.

9. Voice Recorder 2018

Aplikasi perekam suara yang cukup sederhana dan simple dalam merekam suara.

Voice Recorder 2018 adalah aplikasi perekam suara yang cukup standar dan sederhana. Kamu dapat melakukan hal-hal standar seperti merekam, memotong audio, mengekspor ke MP3, menyimpan hasil rekaman audio, memutar rekaman lama, dan berbagi ke media sosial. Itu saja yang dapat dilakukan aplikasi ini. Kamu menyesuaikan sampel rate. Aplikasi ini adalah opsi yang cocok untuk orang yang hanya ingin aplikasi sederhana dan bebas dalam merekam suara. Aplikasi ini gratis dan menayangkan iklan pada tampilan aplikasinya.

10. Perekam Suara Bawaan Android

Perekam Suara asli bawaan Android yang simple dan dilengkapi fitur-fitur standar merekam.

Aplikasi perekam suara bawaan yang ada di ponsel kamu lumayan bagus juga. Selain gratis, cocok untuk kamu yang tidak ingin embel-embel iklan muncul saat sedang merekam suara. Dan juga sudah terinstal di hp kamu sehingga kamu tidak perlu lagi mendownload atau menginstalnya. Cukup sederhana digunakan dan dilengkapi dengan fitur-fitur standar untuk merekam. Untuk beberapa hp Android, seperti seri-V keluaran LG, aplikasi perekam suara nya mungkin memanfaatkan fitur hardware ponsel yang tidak bisa dilakukan aplikasi perekam suara pihak ketiga. Kamu harus mencoba aplikasi perekam suara bawaan hp kamu dulu, siapa tau cocok dan bagus buat kamu, sebelum memilih dan menggunakan aplikasi perekam suara terbaik dari pihak ketiga di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *