10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

      1 Komentar pada 10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Tombol berbagi:
  • 1
    Share

Kulit sehat adalah impian bagi semua orang, terutama para wanita. Tetapi ada beberapa hal yang mempengaruhi kondisi kulit, seperti polusi udara dan sinar matahari. Karena itu, perlu mengetahui apa saja makanan untuk menjaga kulit sehat kamu. Diet yang tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit tidak sehat.

Nah, untuk menjaga kulit sehat kamu, berikut ini adalah daftar 10 makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi agar kulit sehat kamu tetap terjaga.

1. Pepaya

Sumber gambar: Organicfacts.net

Masker pepaya sudah tidak asing lagi digunakan dalam perawatan wajah. Juga, merupakan solusi yang sangat baik untuk menghilangkan lingkaran hitam dan kecokelatan yang ada pada kulit, sekaligus juga untuk mencerahkan wajah. Bukan hanya untuk masker wajah saja, tetapi juga mengkonsumsi pepaya sangat bermanfaat bagi kulit. Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu mempertahankan tampilan kulit sehat agar awet muda dan bisa juga menghilangkan keriput dan kerusakan sel kulit.

Untuk kulit yang sehat, penting untuk menjaga kelembapannya. Oleh karena itu, kandungan air yang tinggi pada buah pepaya yang tinggi dapat membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Itu sebabnya pepaya merupakan salah satu makanan terbaik untuk ditambahkan ke dalam menu diet harian kamu.

2. Alpukat

Sumber gambar: Healthline.com

Perlindungan dari matahari sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Lemak sehat yang terkandung dalam buah alpukat dapat berfungsi sebagai perlindungan terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Lemak sehat pada alpukat juga bermanfat untuk menjaga kelembapan kulit.

Dengan kandungan Vitamin E yang cukup tinggi, antioksidan yang hebat juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Sebagai sumber antioksidan yang sangat baik, alpukat memiliki manfaat untuk membuat kulit agar terlihat lebih muda dengan menghilangkan kerutan di wajah.

3. Beri

Sumber gambar: Besthealthmag.ca

Buah beri mengandung asam lemak esensial yang cukup tinggi. Buah ini bermanfaat untuk menjaga kulit terhidrasi dan tetap sehat. Selain itu, buah beri juga mengaundung Vitamin C yang merupakan nutrisi nutrisi penting sebagai antioksidan untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buah beri pada program diet kamu, dapat mengurangi kemungkinan munculnya keriput pada kulit setiap kali kulit kamu melawan radikal bebas. Mengkonsumsi buah beri secara rutin juga bisa meningkatkan produksi kolagen, suatu protein yang penting penting untuk kulit manusia.

4. Jeruk

Sumber gambar: Phlbi.org

Pada umumnya orang -orang sudah tahu bahwa dengan meminum segelas jus jeruk per hari bisa memperbaiki kulit wajah. Tetapi manfaat yang menakjubkan dari buah jeruk untuk kulit tidak hanya sampai disitu. Nutrisi dan minyak yang terkandung dalam jeruk dapat melembabkan kulit.

Jeruk juga merupakan sumber Vitamin C yang kaya. Nutrisi ini dapat meningkatkan perkembangan kolagen, bagian struktural kulit. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih halus dan awet muda. Mengkonsumsi jeruk setiap hari juga dapat menjaga kulit agar terhindar dari kerutan. Baca juga: manfaat kopi untuk kesehatan.

5. Tuna

Ikan Tuna bisa dijadikan makanan untuk menjaga kulit sehat.

Sumber gambar: Epicurious.com

Keriput dan penuaan dini pada kulit adalah masalah yang sering dihadapi para wanita. Penyebab utama masalah kulit ini adalah radikal bebas. Selain Vitamin E sebagai nutrisi yang membantu tubuh melawan radikal bebas, selenium juga sangat dibutuhkan. Nah, Tuna mengandung selenium yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi ikan tuna secara rutin dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Di samping itu, asam lemak omega 3 pada ikan tuna juga berguna untuk melembabkan kulit.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan sehat untuk kulit wajah.

Sumber gambar: Organicfacts.net

Sinar matahari dan radikal bebas adalah penyebab utama kerusakan sel pada kulit. Hal ini menyebabkan kerutan pada kulit dan juga membuat kulit terlihat lebih tua. Vitamin E adalah nutrisi penting untuk melawan kedua masalah kulit tersebut. Oleh karena itu, kacang-kacangan sangat cocok dimasukkan ke daftar diet sebagai makanan untuk menjaga kulit sehat. Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kemiri merupakan sumber Vitamin E yang sangat baik. Selain itu, kacang almond juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menyembuhkan peradangan kulit dan berbagai masalah kulit lainnya.

7. Cokelat Hitam

Selain lezat, coklat hitam juga sehat untuk kulit.

Sumber gambar: Everydayhealth.com

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menambahkan cokelat hitam ke dalam program diet harian kamu. Cokelat hitam bermanfaat untuk membuat kulit sehat dan bercahaya. Coklat hitam kaya akan antioksidan yang berguna untuk membantu kulit terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini juga membantu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki warna kulit.

Selain itu, manfaat besar coklat hitam lainnya adalah melindungi kulit sehat kamu dari sinar matahari yang berbahaya, jika dikonsumsi secara teratur. Nutrisi yang dikandung cokelat hitam memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari dan sinar UV.

8. Ikan Sarden

Sumber gambar: Nytimes.com

Ikan sarden merupakan salah satu makanan terbaik untuk membuat kulit cerah dalam waktu singkat. Ikan-ikan kecil ini mengandung asam lemak omega 3 yang sehat yang berguna menjaga kulit sehat kamu. Nutrisi yang terkandung dalam ikan sarden juga membantu mengurangi peradangan kulit. Oleh karena itu, jika kamu membutuhkan makanan untuk menjaga kulit sehat kamu, ikan sarden sangat direkomendasikan.

9. Ubi Jalar

Ubi jalar ternyata berguna untuk kesehatan kulit.

Sweet potato

Ubi jalar ternyata merupakan makanan untuk menjaga kulit sehat kita jugalho…! Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang merupakan pigmen alami yang ditemukan pada tanaman. Manfaatnya nutrisi ini adalah untuk membuat kulit bercahaya dan berfungsi sebagai perisai terhadap sinar UV yang bisa menyebabkan kulit kering. Dengan mengkonsumsi ubi jalar secara rutin, kulit kamu akan tetap awet muda dan cantik.

10. Biji Bunga Matahari

Sumber gambar: Lovetoknow.com

Di Indonesia, biji bunga matahari dikenal juga dengan sebutan kwaci. Makanan yang satu ini penting untuk untuk menjaga kulit terhindar dari polusi udara dan paparan sinar matahari langsung yang mengakibatkan kulit terlihat lebih tua. Nutrisi penting pada biji bunga matahari yang berperan pentung bagi kulit untuk melawan hal-hal tersebut adalah Vitamin E. Selain itu, nutrisi ini melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan paparan sinar matahari langsung dan bisa membuat kulit kamu tampil lebih cantik.

Demikianlah daftar makanan untuk menjaga kulit sehat yang cocok untuk ditambahkan ke daftar menu pada program diet harian kamu.

1 comment on “10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

  1. Pingback: Makanan untuk Meningkatkan Gairah Seksual Wanita - Wongunik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *